Pasar Rakyat Kalibobo Akan Diresmikan Akhir Januari

Nabire – Pasar Rakyat Kalibobo yang dibangun dengan menggunakan dana APBN Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan Tahun Anggaran 2017 dengan biaya sebesar Rp 5 milyar lebih direncanakan akan diresmikan akhir bulan ini.

“Jadi Untuk rencana peresmian nyoa itu akan kami atur melalui bidang sarana perdagangan termasuk menyiapkan segala sesuatu dan kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendapatan Daerah atau Badan Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Nabire sebagai unit pengelola melalui UPTD Pasar,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Nabire, Zet Kambaru, Rabu (16/1).

Ia menegaskan, Pasar Rakyat itu merupakan hibah Kementerian Perdagangan kepada Pemda Nabire. Untuk itu, berkaitan dengan pelimpahan hibah pusat atau aset tersebut oleh kementerian perdagangan masih sementara berproses di kemenkeu dan setelah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Perdagangan di jakarta beberapa waktu lalu telah diperbolehkan untuk segera dimanfaatkan.

Lebih lanjut dijelaskan Zet Kambaru, berdasarkan petunjuk teknis, BP2RD Nabire sudah bisa menempatkan atau mengatur para pedagang untuk berjualan di Pasar Rakyat tersebut. Namun selagi SK hibah dari kementerian keuangan belum diserahkan kepada pemda nabire maka BP2RD belum bisa menarik retribusi kepada pedagang.

Sedangkan peruntukan pasar tersebut berdasarkan syarat dari pasar tugas pembantuan mengutamakan pedagang lama yang telah direlokasi sebelumnya oleh uptd pasar. Kemudian apabila masih terdapat kekosongan mekanisme pengaturan selanjutnya diatur oleh Dispenda dan UPTD Pasar.

(RRINabire/Arnold.S)


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.