Panen Padi Sudah Mencapai 16.865 Ton, Nabire Menuju Swasembada Pangan

(Areal penanaman padi di Nabire/Dok,Balitbang Papua)

Nabire – Sebagai kabupaten dengan luas areal sawah terluas kedua setelah Merauke di Papua, kabupaten Nabire saat ini sudah mengarah ke swasembada pangan. Hal itu terlihat dari luas areal tanam hingga panen pada Desember 2018.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian kabupaten Nabire, Syarifuddin, belum lama ini, seperti dilansir Nabire.Net dari Balitbang Papua.

Dijelaskan Syarifudin, untuk padi, telah dilakukan panen mencapai 3373 hektarĀ  dengan hasil mencapai 16.865 ton selama setahun.

Menurut Syarifuddin, hasil tersebut bisa saja lebih, jika ada inovasi dalam hal teknologi, penggunaan benih, serta jarak tanam penggunaan sarana produksi tersedia.

Hal ini mendapat apreasiasi dari BPTP Balitbangtan Papua. Salah satu yang diapresiasi yakni penerapan sistem tanam jajar legowo (jarwo) dan varietas inpari terbaru. Menurut BPTP Balitbangtan Papua, penerapan sistem tersebut paling baik di Nabire untuk provinsi Papua.

Dibandingkan daerah lain di Papua, hamparan padi sepanjang Nabire sudah sangat dominan ditanam dengan sistem tanam Jajar legowo, Jika tersedia air di sepanjang tahun, Indeks Pertanamannya bisa mencapai hingga 3 kali walaupun carry over hasil panen di tahun berikutnya.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *