Kali Yaro Meluap, Banjir Terjang Kampung Bomopai. Ternak Ikut Hanyut

Nabire – Hujan yang mengguyur kota Nabire sejak senin sore (18/02) hingga selasa dini hari (19/02) mengakibatkan sejumlah wilayah di Nabire terendam banjir.

Dua Distrik yang terdampak banjir akibat hujan yaitu Distrik Yaro dan sebagian Distrik Wanggar. Di Distrik Yaro hampir semua kampung terdampak banjir. Sementara di Distrik Wanggar, banjir terjadi di Kampung Karadiri 1 dan Kampung Wiraska.

Selain banjir juga terjadi longsoran di Jalan Poros Karadiri 1 yang menghubungkan kota Nabire dengan wilayah Distrik Wanggar.

(Baca Juga : Update Terkini Banjir : Kali Yaro Mulai Meluap, Banjir Meluas Ke Jalur 1 Kampung Yaro Makmur, Distrik Yaro)

Salah satu kampung yang terdampak banjir di Distrik Yaro adalah kampung Bomopai, seperti dilaporkan Bernat Kegou, majelis gereja GKII jemaat Bomopai, yang diteruskan oleh Bob Makay kepada Nabire.Net.

Menurut penjelasan Bernat Kegou, akibat hujan deras Kali Yaro meluap. Sekitar pukul 02.00 Wit, rumah warga mulai terendam banjir lumpur.

Warga kemudian mengungsi ke jalan-jalan dan tempat tertinggi.

Akibat banjir tersebut 10 ternak warga hanyut terbawa banjir. Dari data yang diberikan warga, ternak yang hanyut adalah sebagai berikut :

1. Ternak milik Ibu Dina kegou 2 ekor
2. Ternak milik Ibu Ester kegou 3 Ekor
3. Ternak milik Ibu Tedora Gabou 1 ekor
4. Ternak milik Ibu Alprida Kegou 2 ekor
5. Ternak milik Ibu Yuliana Yupi 1 ekor
6. Ternak milik Ibu Nonce Nadai 1 ekor

Selain ternak, warga juga melaporkan 2 motor ikut hanyut terseret banjir.

Seperti diketahui sejumlah kampung di Distrik Yaro sering menjadi langganan banjir jika hujan deras terjadi cukup lama.

Hal ini disebabkan wilayah tersebut dekat dengan Kali Yaro, sehingga jika Kali tersebut meluap maka dapat dipastikan banjir akan menggenangi kampung Yaro Makmur.

Warga sendiri sudah sering meminta kepada pemerintah agar bisa mengatasi persoalan banjir di Distrik Yaro, Penyebabnya sudah pasti Kali Yaro, sehingga pemerintah seharusnya melakukan normalisasi Kali Yaro agar kejadian ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

[Nabire.Net]



Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
© 2019 Nabire.Net
Powered by Nabire.Net