Baliho Caleg Yang Menjamur Di Nabire & Realita Politiknya

Nabire – Ratusan baliho para Calon Anggota Legislatif (Caleg) tersebar di berbagai sudut kota Nabire. Baliho tersebut sebagai cara bagi para Caleg untuk memperkenalkan diri maupun visi dan misi yang mereka usung pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Selain baliho, para caleg juga gencar mempromosikan dirinya di dunia maya, baik di sosial media maupun di sejumlah media online. Hal tersebut lumrah terjadi jelang pelaksanaan Pemilu Legislatif setiap 5 tahun sekali, di berbagai wilayah di tanah air.

Memasang alat peraga kampanye sangat penting bagi para caleg. Langkah itu dinilai efektif untuk mengenalkan diri mereka kepada masyarakat.

Kampanye para caleg melalui baliho, sticker, dan banyak media lainnya setiap 5 tahun sekali menggambarkan bagaimana para pencari kekuasaan seperti keluar dari singgasananya untuk menemui masyarakat melalui alat peraga kampanye.

Namun fenomena seperti ini justru menggambarkan ketidakpercayaan diri dari para caleg. Mereka seakan-akan mengeluarkan semua energi yang mereka miliki agar rakyat sebagai pemilik kekuasan mau memilih mereka.

Sah-sah saja karena hal itu lumrah, untuk memperkenalkan diri mereka kepada masyarakat, dan sesuai dengan tahapan kampanye dari penyelengara Pemilu. Namun terkadang apa yang ditampilkan di baliho atau alat peraga kampanye tersebut tidak sesuai realita dan mencerminkan kepribadian dari para caleg yang sesungguhnya.

Masyarakat justru lebih berharap figur caleg merupakan figur yang menggambarkan kepribadian mereka yang sesungguhnya. Alat peraga kampanye tak bisa menggantikan kedekatan dan sentuhan langsung dengan masyarakat selama ini.

Namun kita harapkan para caleg di Nabire, benar-benar mempromosikan dirinya melalui alat peraga kampanye secara realistis yang mencerminkan kepribadian mereka yang sesungguhnya yakni dekat dan melayani masyarakat.

Oleh karena itu warga di Nabire harus lebih cerdas dalam memilih caleg yang nantinya benar-benar bekerja untuk melayani warga Nabire sendiri. Kini saatnya berpikir kritis dan bertindak bijak. Lacak dan amati rekam jejak para calon wakil rakyat itu, dan pilihlan wakil rakyat yang benar-benar hadir dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.