Pemerintah Pusat Akan Kucurkan 210 Miliar Untuk Genjot Pembangunan Bandara Baru Nabire Dan 2 Bandara Lain Di Papua Barat

Nabire – Pasca kunjungan Presiden Joko Widodo 20 Desember 2017 lalu ke Nabire, proses pembangunan bandara baru Nabire yang berada di Karadiri, Distrik Wanggar Nabire, yang akan diproyeksikan menjadi bandara utama di Nabire terus dipertanyakan warga Nabire, sudah sejauh mana proses pembangunannya.

Seperti diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan Bandara Karadiri Nabire selesai pada tahun 2020 mendatang.

Bandara Karadiri Nabire akan dibangun dengan penuh kehati-hatian dengan memperhatikan berbagai hal diantaranya faktor bencana alam seperti gempa bumi.

(Baca Juga : Selain Dibuat Tahan Gempa, Kemenhub Akan Subsidi Bandara Baru Nabire Untuk Meringankan Harga Tiket Pesawat Perintis)

Kementerian Perhubungan sendiri telah menganggarkan Rp. 20 milyar untuk subsidi angkutan udara perintis tahun 2018 di Nabire. Anggaran ini naik dari tahun 2017 yang Rp 17 Milyar.

Di tahun 2018, Dinas PU Papua berupaya melakukan pengerasan dan pengaspalan jalan dari kota menuju Bandara Karadiri Nabire, disamping pembebasan lahan yang terkait jalur tersebut.

(Baca Juga : Dinas PU Papua Rencanakan Pengerasan & Pengaspalan Jalan Dari Kota Nabire Menuju Bandara Karadiri)

Sementara di Tahun 2019, Kementerian Perhubungan akan menganggarkan anggaran sebesar 210 Miliar yang diperuntukkan bagi pembangunan Bandara Nabire bersama Bandara Raja Ampat dan Bandara Fakfak.

Hal itu ditegaskan Menteri Perhubungan, Budi Karya, belum lama ini di Surabaya, saat mengikuti acara ramah tamah dengan Gubernur Jawa Timur.

Dilansir dari Mataradar.com, Menteri Perhubungan mengatakan bahwa dana 210 Miliar tersebut bersumber dari dana Non APBN 2019 dan diproyeksikan untuk ketiga Bandara di Nabire, Raja Ampat dan Fakfak.

“Kita akan memobilisasikan Tahun 2019, baik itu tahap pengucuran anggaran maupun tahap pelaksanaan pekerjaan proyek”, urai Budi Karya.

Jika selesai dibangun, Bandara Karadiri Nabire diharapkan bisa menjadi bandara strategis didalam mendukung percepatan pembangunan kawasan pegunungan bagian tengah, bahkan bisa menjadi hub bagi kawasan itu.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
© 2019 Nabire.Net
Powered by Nabire.Net