Upacara Peringatan Hardiknas 2022 di SD Negeri 02 Nabire

Upacara Peringatan Hardiknas 2022 di SD Negeri 02 Nabire

(Upacara Peringatan Hardiknas 2022 di SD Negeri 02 Nabire)

Nabire, Bertempat di lapangan upacara SD Negeri 02 Nabire, telah dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Jumat (13/05/2022).

Dalam upacara ini, para siswa dan guru mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing, sehingga menambah semarak peringatan Hardiknas tahun 2022 ini.

Bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Ritno, S.Pd selaku Pengawas Pembina SD, Dinas Pendidikan kabupaten Nabire.

Dalam Sambutannya Pembina Upacara membacakan amanat dari Menteri Pendidikan Republik Indonesia. Pembina upacara juga menambahkan bahwa di era digital sekarang ini, siswa dan guru harus memanfaatkannya dengan baik.

“Siswa pegang HP tidak apa-apa, tetapi jangan untuk main game saja dan nonton You Tube, manfaatkan untuk belajar karena banyak pelajaran penting yang dapat kita pelajari dari internet,” kata Ritno, S.Pd.

Lanjutnya, “demikian juga para guru harus lebih aktif berinovasi dengan banyaknya materi-materi pembelajaran yang tersedia di internet.”

Seusai upacara, Kepala Sekolah SD Negeri 02 Nabire, Kuncahyo, S.Pd, mengatakan, pihaknya berharap Nabire ini segera dukung Gerakan Merdeka Belajar dari Kementerian RI, karena di kabupaten lain di Papua, Gerakan Merdeka Belajar ini sudah dilakukan tetapi di Nabire ini belum ada dukungan baik secara moril maupun anggaran.

Oleh karena itu juga harus ada anggaran talangan dari Pemda. Kalau ada anggaran tersebut, sekolah dapat melaksanakan Gerakan Merdeka Belajar dengan leluasa.

“Ini kami laksanakan apa adanya semampu kami, anggaran juga kami curi-curi dari Dana BOS sehingga bisa berjalan,” katanya.

“Ini sementara baru SD Negeri 02 yang bergerak mendaftar. Dan saya lihat di website Kementerian Pendidikan itu baru SD Negeri 02 saja yang baru mendaftar. Sementara untuk SMK baru beberapa saja yang mendaftar dan saya harap ini bisa dilaksanakan serentak. Dibutuhkan promosi dan himbauan dari stakeholder yang ada supaya gerakan ini diserentakkan supaya Nabire ini ada kemajuannya, karena program ini sangat bagus menuju kepada pendidikan yang paripurna,” tambahnya.

Kuncahyo berpesan kepada anak-anak dan guru-guru serta orang tua, untuk mendukung pencanangan kurikulum baru Merdeka Belajar sehingga mudah-mudahan 3 tahun sudah tuntas.

“Gerakan Merdeka Belajar bukan hanya mencetak pengetahuan tetapi juga mencetak generasi yang terampil dan mampu mengaplikaskan pengetahuan. Selama ini Cognitif terlalu tinggi itu diberi waktu untuk guru-guru merdeka di dalam kepada anak-anak itu, hal-hal yang sifatnya praktis dan berguna bagi kehidupan masa depan anak-anak itu dan kehidupan bangsa ini,” ujarnya.

Rangkaian upacara Hardiknas 2022 di SD Negeri 02 diakhiri dengan foto bersama.

[Nabire.Net/Guty]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.