Pj.Gubernur Papua Tengah Tekankan Penanganan Stunting, Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan Pengendalian Inflasi di Deiyai

Pj.Gubernur Papua Tengah Tekankan Penanganan Stunting, Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan Pengendalian Inflasi di Deiyai

(Pj.Gubernur Papua Tengah Tekankan Penanganan Stunting, Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan Pengendalian Inflasi di Deiyai)

Deiyai, Pj.Gubernur Papua Tengah tekankan penanganan Stunting, penghapusan kemiskinan ekstrem dan pengendalian inflasi di kabupaten Deiyai, Papua Tengah.

Hal itu disampaikan Pj.Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk, S.Sos., MM., dalam Apel gabungan di halaman Kantor Bupati Deiyai, Selasa pagi (01/08/2023).

(Baca Juga : Pj. Gubernur Papua Tengah Minta Forkopimda Deiyai Jaga Keamanan dan Netralitas Hadapi Pemilu 2024)

Dikatakan Pj.Gubernur Papua Tengah, penanganan stunting sudah diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten. Diharapkan di tahun 2042 kita sudah harus zero stunting atau tidak ada lagi stunting. Tujuannya untuk membangun generasi muda ke depan. Hal ini harus dimulai dari Ibu-Ibu dengan memberi makanan bergizi dan asi ekslusif kepada anaknya.

Terkait penghapusan kemiskinan ekstrem, Ribka Haluk menjelaskan kategori kemiskinan ekstrem, dimana keluarga yang hanya berpenghasilan 300 ribu rupiah sebulan dikategorikan sebagai keluarga yang miskin ekstrem. Jika berpenghasilan 600 ribu rupiah per bulan maka dikategorikan keluarga miskin. Jika penghasilannya diatas 1 juta maka sudah harus keluar dari data kemiskinan.

(Baca Juga : Pimpin Apel Pagi di Kantor Bupati Deiyai, Pj.Gubernur Papua Tengah Tekankan Pentingnya Kedisiplinan dan Kinerja ASN)

Sementara untuk pengendalian inflasi, Pj.Gubernur Papua Tengah tekankan pentingnya pangan lokal seperti ubi, jagung, dll. “Bupati, Wakil Bupati dan Tim yang terbentuk harus melakukan fungsi kontrol terhadap situasi ekonomi di kabupaten Deiyai, misalnya harga beras per tahun berapa? Itu harus dikontrol sehingga setiap bulan harus terjaga”.

(Baca Juga : Pj. Gubernur Papua Tengah Ajak ASN, TNI-Polri dan Masyarakat Deiyai Rayakan HUT RI ke-78 dengan Semangat Kibarkan Bendera Merah Putih)

“Kita juga akan kembali ke pangan lokal dengan meningkatkan pangan lokal seperti ubi, jagung, keladi, dll, karena ketersediaan beras nasional juga terbatas, jadi kita harus kembali ke pangan nasional”, pungkas Ribka Haluk.

[Nabire.Net/Edi Sutrisno]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *