Perayaan Waisak 2567 TB/2023 di Kabupaten Nabire

Perayaan Waisak 2567 TB/2023 di Kabupaten Nabire

(Perayaan Waisak 2567 TB/2023 di Kabupaten Nabire)

Nabire, Bertempat di Vihara Buddha Dharma Karuna Nabire, telah dilaksanakan rangkaian Puja Waisak, Minggu (04/06/2022).

Prosesi diawali dengan Pradaksina, penyalaan lilin panca warna, pembacaan Paritta yang dipimpin oleh Upasikha Pandita Padma Gautami Vamsa Budy Junita, serta meditasi detik-detik Waisak pada pukul 12.41.19 WIT.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan pesan Waisak Sangha Agung Indonesia dengan tema ‘Harmonis Masyarakat, Damai Negaranya’, yang dibacakan oleh Bapak Hendrik Kanisius sebagai Ketua Vihara Buddha Dharma Karuna.

Puja Waisak 2567 TB diakhiri dengan pelimpahan jasa dan pemercikan berkah tirta yang dilakukan oleh Upasaka Pandita Mertajaya.

Sebagai informasi, dalam perayaan Waisak 2567 / Tahun 2023, Umat Buddha di kabupaten Nabire telah melaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Nabire

(Baca Juga : Sambut Hari Tri Suci Waisak 2567 TB, KBI Nabire Laksanakan Sejumlah Kegiatan)

Selain itu, Umat Buddha mendapat kunjungan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Nabire dan Umat GKII Getsemani SP3 Wadio.

(Baca Juga : Jemaat GKII Getsemani SP3 Wadio Nabire Sambangi Vihara Buddha Dharma Karuna Ucapkan Selamat Waisak 2023)

Seperti diketahui, Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka. Nama ini diambil dari bahasa Pali “Wesakha”, yang pada gilirannya juga terkait dengan “Waishakha” dari bahasa Sansekerta.

Di beberapa tempat disebut juga sebagai “hari Buddha”.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *