Dana Desa 72 Kampung di Nabire Tahun 2024 Capai 74 Miliar Lebih

(Dana Desa 72 Kampung di Nabire Tahun 2024 Capai 74 Miliar Lebih)

Nabire, Di tahun 2024, pemerintah pusat telah mengalokasikan dana desa di Kabupaten sebesar Rp74.106.788.000 (Tujuh Puluh Empat Miliar Seratus Enam Juta Tujuh Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Rupiah) untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di 72 Kampung yang ada di Kabupaten Nabire.

Sebagaimana diketahui, dana desa adalah bagian dari TKD (Transfer ke Daerah) yang diperuntukan bagi Desa dengan tujuan untuk mendukung pendanaan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Untuk perhitungan besaran rincian dana desa tiap kampung tahun 2024, dilakukan secara sekaligus dan bertahap. perhitungan secara sekaligus dilakukan berdasarkan formula pengalokasian yang dihitung secara merata dan berkeadilan berdasarkan : Alokasi Dasar, Alokasi Afirmasi, Alokasi Kinerja dan Alokasi Formula. variabel tadi yang menyebabkan berbeda besaran rincian dana tiap kampung.

Lantas berapa rincian Dana Desa 2024 untuk 72 di Kabupaten Nabire? Dirangkum dari PMK Nomor 146 Tahun 2023 berikut rinciannya :

Dari data di atas, diketahui ada 38 Kampung yang mendapatkan dana desa lebih dari 1 miliar dan 34 kampung kurang dari 1 miliar. Dari data di atas juga terlihat bahwa di Nabire, Kampung Samabusa mendapat Dana Desa paling tertinggi yakni sebesar Rp. 1.758.371.000 (Satu Miliar Tujuh Ratus Lima Puluh Delapan Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Satu Ribu Rupiah) dan dana desa terendah yakni kampung Bawei sebesar Rp. 766.442.000 (Tujuh Ratus Enam Puluh Enam Juta Empat Ratus Empat Puluh Dua Juta Rupiah.

Perbedaan besar ini mencerminkan kompleksitas kebutuhan dan potensi pembangunan di masing-masing kampung. Kampung-kampung yang menerima dana desa besar dapat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melakukan pembangunan dan pemberdayaan guna meningkatkan pelayanan dasar, mengurangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung sesuai kewenangan Kampung yang dimiliki.

[Nabire.Net]


One Response to Dana Desa 72 Kampung di Nabire Tahun 2024 Capai 74 Miliar Lebih

  1. Bianus zonggonau berkata:

    Hallo kita kirim no rekening dan KTP biar kita ambi di rekening pribadi ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *