Bawaslu Dogiyai Kembali Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

Bawaslu Dogiyai Kembali Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

(Bawaslu Dogiyai Kembali Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula)

Dogiyai, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dogiyai kembali lakukan sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif bagi pemilih pemula. Sosialisasi kali ini dilakukan, Kamis (4/8) terhadap para pelajar SMK YPPGI Jehezkiel Dumapa Idakebo, Dogiyai, Papua.

Kordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Renny Keiya mengatakan sosialisasi tersebut merupakan pertemuan yang kali kedua dengan para pemilih pemula, terutama kepada siswa SMA/SMK yang sudah memasuki usia 17 tahun.

“Usia ini mereka sudah bisa mengambil bagian dalam Pemilu. Terutama pada tahun 2024 mendatang. Sehingga, tentang Pemilu harus sudah dibekali dari sekarang. Agar, sudah tiba saatnya, mereka sudah bisa mengambil bagian dalam penyelenggaraan Pemilu,” kata Renny.

Renny Keiya menjelaskan mengapa harus lakukan sosialisasi ini kepada anak-anak muda, karena ada beberapa tujuan yang harus dicapai, diantaranya; Menjadikan Pemilu yang berintegritas, mencegah terjadinya konflik, dan mendorong partisipasi publik.

“Selain itu membangun karakter dan kesadaran politik masyarakat, meningkatkan kualitas demokrasi serta pengawasan Partisipatif,” jelasnya.

Renny juga menjelaskan betapa pentingnya peran pengawasan partisipatif dari pemilih pemula dalam penyelenggaraan Pemilu. Pasalnya, akan sangat membantu terlaksananya Pemilu sesuai aturan.

Terkait materi tersebut, Renny menambahkan akan terus dilakukan sosialisasi tersebut kepada kawula muda, baik tingkat sekolah maupun para pemuda diluar sekolah.

“Kami (Bawaslu) berharap kepada semua pihak di Dogiyai untuk terus bergandengan tangan untuk menyongsong Pemilu tahun 2024 mendatang,” harapnya.

Dalam pelaksanaan sosialisasi di SMK YPPGI di Idakebo diikuti puluhan siswa bersama sejumlah guru.

Penulis : Philemon Keiya

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.