Update Wilayah Yang Terkena Banjir & Longsor Di Nabire Akibat Hujan

Nabire – Hingga pukul 01.30 Wit, selasa (19/02), hujan masih mengguyur Nabire sejak senin sore (18/02) dengan intensitas berubah-ubah dari ringan ke sedang.

Sejumlah wilayah di Distrik Yaro dan Wanggar Nabire mulai terendam banjir. Selain banjir, juga terjadi longsor di jalan Poros Karadiri 1, Distrik Wanggar Nabire.

(Baca Juga : Hujan Guyur Nabire Sejak Senin Sore Hingga Malam, Kampung Jaya Mukti Distrik Yaro Nabire Terendam Banjir Lokal)

Berikut kondisi terkini wilayah yang terdampak banjir dan longsor :

A. Banjir

  • Kampung Jaya Mukti (Yaro 2), Distrik Yaro

  • Kampung Wiraska Jalur 3 Barat dan Jalur 7, Distrik Wanggar

  • Kampung Karadiri 1

B. Waspada Banjir

  • Kampung Yaro Makmur (Yaro 1), Distrik Yaro

  • Kampung Wiraska Jalur 1, Jalur 2, Jalur 8

C. Longsor

  • Jalan Poros Wanggar (Jalan Poros Karadiri 1)

(Baca Juga : Selain Jaya Mukti Yaro, Banjir Juga Terjadi Di Jalur 7 Kampung Wiraska Dan Karadiri 1 Wanggar)

Terkait longsor yang menutupi jalan Poros Karadiri 1, warga bisa melintasi jalur alternatif jika ingin menuju ke Nabire atau sebaliknya.

  • Rute alternatif dari kota Nabire ke arah Wanggar : Melewati Karadiri bagian barat yaitu jika dari arah kota, bisa melewati Sumber Sticker, lurus lewat dalam sampai mentok di Pos Kamling, lalu belik kiri menuju jalan besar.

  • Rute alternatif dari arah Wanggar ke Nabire : Sebelum tanjakan Karadiri 2, belok ke kiri lewat Karadiri 1, dapat Pos Kamling, belok kanan lurus hingga tembus di Sumber Sticker dan melanjutkan perjalanan menuju kota.

(Baca Juga : Longsor Di Jalan Poros Karadiri 1 Wanggar, Ini Jalur Alternatif Lain Yang Ingin Ke Nabire Atau Sebaliknya)

Di kampung Jaya Mukti (Yaro 2), Distrik Yaro, terlihat rumah warga terendam banjir setinggi mata kaki. Warga terlihat waspada karena khawatir hujan tidak akan berhenti.

Seperti diketahui sejumlah kampung di Distrik Yaro sering menjadi langganan banjir jika hujan deras terjadi cukup lama.

Hal ini disebabkan wilayah tersebut dekat dengan Kali Yaro, sehingga jika Kali tersebut meluap maka dapat dipastikan banjir akan menggenangi kampung Yaro Makmur.

Warga sendiri sudah sering meminta kepada pemerintah agar bisa mengatasi persoalan banjir di Distrik Yaro, Penyebabnya sudah pasti Kali Yaro, sehingga pemerintah seharusnya melakukan normalisasi Kali Yaro agar kejadian ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *