Sebanyak 21 WBP Lapas Nabire Terima Asimilasi Rumah

Asimilasi Rumah Lapas Nabire

(Sebanyak 21 WBP Lapas Nabire Terima Asimilasi Rumah)

Nabire, Sebanyak 21 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Nabire mulai menjalani program Asimilasi di rumah.

Asimilasi di rumah diberikan kepada para WBP berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 43 Tahun 2021 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

“Pengeluaran WBP dilaksanakan tanpa dipungut biaya satu rupiah pun. Yang terpenting mereka telah memenuhi syarat, yaitu tanggal 1/2 dan 2/3 masa pidananya dan telah memenuhi persyaratan, baik administratif maupun substantif,” terang Kepala Seksi Pembinaan dan Giatja Lapas Nabire, Marthen Pigome, Kamis (20/01).

Sebelum para WBP diberi Surat Keputusan (SK) Asimilasi di rumah dan dikeluarkan dari Lapas, mereka terlebih dahulu diberikan pengarahan oleh Kalapas Nabire, Manuel Yenusi “Kami berpesan kepada WBP untuk menjaga nama baik Lapas Nabire, jangan berperilaku buruk, bahkan mengulangi kesalahan baik sama maupun baru.

Kalapas Yenusi juga mengingatkan, program Asimilasi di rumah ini bukan berarti WBP bebas murni. “Kalian tetap harus mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan, salah satunya wajib lapor kepada Pembimbing Kemasyarakatan selaku pengawas dalam program Asimilasi di rumah,” tambah Karutan.

A.P, salah satu WBP yang menerima program Asimilasi di rumah, merasa senang dan terharu. “Kami berterima kasih kepada Jajaran Lapas Nabire yang telah memberikan pembinaan selama kami di lapas. Kami berjanji akan menjaga nama lapas nabire, tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum lagi, dan menaati segala aturan yang telah ditetapkan,” janjinya.

[Nabire.Net/Humas Lapas Nabire]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.