KPU Dogiyai Kukuhkan 55 Orang Relawan Demokrasi Pemilu 2019

Dogiyai – Sebanyak 55 orang relawan Demokrasi Pemilu 2019 dari kabupaten Dogiyai, dikukuhkan dan dibekali oleh KPU Kabupaten Dogiyai, bertempat di Aula Koteka Moge, kabupaten Dogiyai, Kamis (07/02).

Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Dogiyai, Andreas Gobai. Relawan yang dilantik nantinya bertugas untuk mensosialisasikan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden 2019 kepada warga Dogiyai.

Ketua KPU Dogiyai, Andreas Gobai, menjelaskan, adanya relawan ini akan sangat membantu tugas penyelenggara Pemilu guna meningkatkan angka partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019. Hal itu dikarenakan angka partisipasi pada Pemilu sebelumnya sangat kecil.

Oleh karena itu, guna mendongkrak partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019, relawan ini dibentuk, dengan harapan partisipasi pemilih akan meningkat, dan kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu juga ikut meningkat, dengan demikian itu menandakan bahwa warga sadar akan hak pilihnya.

Jumlah relawan yang dilantik dalam acara ini sebanyak 55 orang relawan, yang nantinya akan bekerja sosial menjadi penyambung lidah KPU sesuai dengan basis pemilih yang telah ditentukan.

“Sesuai target tahun ini jumlah partisipasi masyarakat dapat mencapai angka sedikitnya 77,5 persen. Mengacu pada angka partisipasi saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua 2018 di Kabupaten Dogiyai tercapai 83 persen”, kata Andi Gobai.

Usai dilantik, para relawan dibekali dengan pengetahuan akan demokrasi, pentingnya pemilu, pengecekan Daftar Pemilih Tetap, pelaksanaan Pemilu, pengenalan Partai Politik, pengenalan DPD, pengenalan capres dan cawapres, jumlah dan jenis kartu suara, tata cara pencoblosan di TPS, cara mencoblos kartu suara, cara memerangi hoax, mengajak masyarakat untuk tidak golput, serta cara berbicara di depan umum dan hal teknis lainnya.

Pembekalan kepada relawan diharapkan dapat memberikan pemahaman akan pentingnya Pemilu dan Demokrasi, karena dengan demokrasi yang baik, maka rakyat juga akan menjadi sejahtera.

[Nabire.Net/Agus.Tebai]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *