Kilas Balik Nabire 2018 : 8 Kali Alami Gangguan Sepanjang 2018, Warga Nabire Minta Telkomsel Berbenah Di Tahun 2019

Nabire – Hampir sepanjang tahun 2018, kualitas layanan operator Telkomsel maupun Telkom di kabupaten Nabire, masih jauh dari yang diharapkan. Dalam catatan Nabire.Net, selama tahun 2018, ada 8 kali gangguan yang dialami oleh operator plat merah ini.

Dari 8 gangguan yang terjadi, 2 diantaranya dikategorikan gangguan dengan skala besar dengan penanganan cukup lama. Gangguan skala besar pertama terjadi pada tanggal 8 Februari 2018. Gangguan tersebut diakibatkan putusnya kabel FO Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) diantara Timika-Merauke. Selain berdampak di Nabire, putusnya kabel SMPCS tersebut juga dirasakan warga di Kaimana, Timika dan Merauke.

(Baca Juga : Jaringan Telkomsel Lumpuh Di Nabire Dan 5 Kota Lainnya Akibat Putusnya Kabel FO SMPCS)

Perbaikan kabel FO SMPCS sendiri baru selesai pada tanggal 8 Maret 2018.

(Baca Juga : Terganggu Selama Sebulan, Layanan Telkomsel Di Nabire & Beberapa Kota Di Papua Sepenuhnya Pulih Kembali Setelah Perbaikan FO SMPCS Selesai)

Belum sebulan, lagi-lagi kabel FO SMPCS di area Timika-Kaimana terputus pada tanggal 22 Maret 2018. Ini merupakan gangguan skala besar kedua yang dialami Telkomsel/Telkom. Gangguan ini selain berdampak kepada warga Nabire, juga berdampak pada warga Timika dan Merauke.

(Baca Juga : Kabel FO SMPCS Timika-Kaimana Terganggu, Berakibat Pada Gangguan Telkomsel Di Nabire, Timika Dan Merauke)

Perbaikan kabel FO SMPCS baru selesai dilaksanakan pada tanggal 16 April 2018.

(Baca Juga : Perbaikan Selesai, Layanan Telkom Group (Telkom & Telkomsel) Yang Terganggu Sejak 22 Maret 2018 Sudah Kembali Normal Di Nabire, Timika & Merauke)

Selain 2 gangguan dengan skala besar, jaringan milik Telkomsel/Telkom juga mengalami 6 kali gangguan hingga akhir Desember 2018. Berikut catatan 6 gangguan lain yang dialami jaringan milik Telkomsel/Telkom :

1. Gangguan Modul Radio Di Pulau Nau Kabupaten Waropen pada tanggal 26 Mei 2018.
2. Gangguan radio IP Long Haul yang berada di Mambor pada tanggal 7 Juli 2018
3. Gangguan radio IP Long Haul di area Wapoga pada tanggal 9 Agustus 2018.
4. Gangguan radio IP Long Haul di area Serui pada tanggal 20 Agustus 2018
5. Gangguan radio IP Long Haul ruas Waindu & Waropen pada tanggal 18 November 2018
6. Gangguan ruas utama jaringan Nabire pada tanggal 2 Desember 2018

Problem yang sering dihadapi oleh operator Telkomsel/Telkom tentu mendapat sorotan tajam dari warga Nabire.  Menurut warga, persoalan ini adalah persoalan klasik yang tak kunjung dibenahi sejak dahulu.

Salah satunya disuarakan oleh Nanang Purwi, warga Kampung Kimi, Distrik Teluk Kimi Nabire. Kepada Nabire.Net (22/10), Nanang mencap pihak Telkomsel di Nabire tidak profesional dalam pelayanan kepada costumernya baik pelayanan teknis maupun non teknis (customer service).

Ia beranggapan pihak Telkomsel Nabire pilih kasih karena hanya memperhatikan kualitas jaringan di wilayah kota Nabire saja, tetapi tidak dengan warga yang berada diluar kota Nabire, seperti di wilayahnya.

(Baca Juga : Sering Gangguan, Warga Minta Telkomsel Nabire Perbaiki Kualitas Bukan Kuantitas)

Hal senada juga disampaikan Agus, warga Kampung Bumi Mulia, Distrik Wanggar. Menurutnya gangguan yang ia rasakan di wilayahnya sering terjadi. Dan jika dirunut panjang seharusnya setiap hari sering gangguan.

Oleh karena itu ia meminta agar pihak Telkomsel khususnya yang berada di Nabire di tahun 2019 bisa lebih profesional dalam melayani pelanggannya, terlebih Telkomsel mendominasi jumlah pelanggan di Nabire, sehingga perlu ada perbaikan dalam hal kualitas, bukan hanya kuantitas saja.

Dengan catatan banyaknya gangguan yang terjadi di sepanjang tahun 2018, warga Nabire tentu berharap, Telkomsel/Telkom sebagai satu-satunya operator yang mendominasi layanan internet/data maupun layanan voice maupun pesan singkat, bisa berbenah dan memperbaiki kualitasnya sehingga di tahun 2019, problem yang dihadapi tidak sebanyak di tahun 2018.

[Nabire.Net]



One Response to Kilas Balik Nabire 2018 : 8 Kali Alami Gangguan Sepanjang 2018, Warga Nabire Minta Telkomsel Berbenah Di Tahun 2019

  1. mas taqimai berkata:

    RAPORT MERAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *