Akhirnya Freestyle Motor & Road Race Di Car Free Day Nabire Ditiadakan

Nabire – Semenjak dilaksanakan perdana tanggal 2 Maret 2019, kegiatan Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor mendapat tanggapan positif maupun negatif dari warga Nabire. Warga mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud sosialisasi antar warga maupun ajang untuk berolahraga bersama.

Namun kegiatan ini juga tak lepas dari kritikan warga. Selain karena terganggu akan penutupan ruas jalan Pepera, warga juga mengaku bingung dengan adanya atraksi Freestyle kendaraan bermotor maupun Road Race di kawasan Car Free Day di Jalan Pepera Nabire tersebut.

(Baca Juga : Car Free Day Di Nabire Kok Ada Freestyle Motor Sih ? )

Menanggapi pro dan kontra di masyarakat, panitia kegiatan Car Free Day akhirnya memutuskan untuk meniadakan ajang Freestyle dan Road Race dalam kegiatan Car Free Day di Nabire.

Hal tersebut terungkap lewat rilis informasi dari Ketua KOPENA selaku panitia kegiatan CFD di Nabire, Irfan Kintamani, senin (11/03).

Dalam rilis infonya tersebut, dipaparkan bahwa Car Free Day akan tetap berjalan sebagaimana biasanya dari mulai pukul 06.00 hingga pukul 12.00 Wit, dengan diisi berbagai kegiatan olahraga.

Selain itu, Car Free Day ini juga menunggu digodoknya regulasi oleh Pemkab Nabire sehingga kegiatan ini jelas pelaksanaannya dan memiliki aturan hukum.

Selaku panitia, KOPENA membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berolahraga dan berinteraksi di ajang CFD yang dipusatkan di Jalan Pepera Nabire.

Sedangkan terkait kegiatan Freestyle Motor dan Road Race, kegiatan tersebut ditiadakan karena kedua kegiatan tersebut merupakan tanggung jawab dan domain dari induk olahraga otomotif di Indonesia yakni IMI.

Seperti diketahui, Car Free Day di Nabire ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Milenial Road Safety Festival yang dilaksanakan 26 Februari 2019 lalu, oleh Satuan Lalu Lintas bersama sejumlah komunitas di Nabire.

CFD tersebut diisi dengan berbagai kegiatan dari mulai senam pagi, kegiatan otomotif seperti Free Style, serta tersedia juga jajanan sehat dan banyak lainnya.

Kasat Lantas Polres Nabire, Iptu Suhardi Syahailatus S.Sos mengatakan, kawasan Jalan Pepera nantinya akan dijadikan kawasan Car Free Day di setiap hari sabtu, dan hal itu akan dikelola oleh Dinas Perhubungan, dan diperkuat oleh Peraturan Daerah.

Menurut Kasat Lantas, kawasan Jalan Pepera sering dijadikan ajang balap liar oleh anak-anak muda dan meresahkan warga setempat. Oleh karena itu dengan adanya Car Free Day bisa mengurangi kegiatan yang kurang baik tersebut.

Diharapkan pemberlakuan CFD di Nabire bisa menekan angka lakalantas, menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor, serta dapat diisi dengan kegiatan positif lainnya sekaligus meningkatkan pendapatan ekonomi warga Nabire.

[Nabire.Net]



Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.