Pdt Yance Nawipa : Jalankan Demokrasi Secara Jujur & Adil Seperti Yang Diamanatkan Firman Tuhan

pemilu-2014

Tokoh Agama Kabupaten Nabire, Pdt. Yance Nawipa, M.A., M.Th., mengajak kepada semua pemangku politik di Tanah Papua agar dapat menjalankan demokrasi secara jujur dan adil, seperti yang diamanatkan firman Tuhan.

Dikatakan Yance, setiap para calon legislatif yang ikut serta dalam pemilihan baik tingkat DPR-RI, DPRD Provinsi, maupun DPRD Kabupaten/Kota adalah datang dari agamanya masing-masing. Disana para Pendeta, Pastor, Ustad, serta Hindu dan Budha mengajarkan ajaran yang sama yakni saling menghargai dan menghormati sesama, jujur dan menyatakan kebenaran terhadap insan manusia.

“Nilai kebenaran dan kejujuran yang dimiliki seseorang akan di uji melalui arena politik musiman ini. Sejauh mana orang-orang ini memiliki kejujuran yang diterapkan di arena politik untuk mewujudkan nilai iman yang dimilikinya,”ujar Yance.

Ketika ditanyai, apakah orang gereja bisa berpolitik, dikatakan Yance bahwa siapa saja bisa berpolitik karena itu hak seseorang. Tetapi bagaimana orang gereja berpolitik mejadi sebuah ukuran iman yang dimiliki.

“Dalam proses pemilu legislatif  tahun 2014 mari nyatakan kejujuran sehingga iman yang anda miliki itu tidak tergoda. Saya harap istilah money politik ditinggalkan dan hadapi Pemilu ini dengan apa adanya,”terangnya.

Lebih lanjut, terlebih pada saat pemungutan dan pehitungan suara agar memindahkan dan permainan uang yang dapat  memancing situasi menjadi tidak kondusif dan akhirnya nilai keimanan, kejujuran dan kebenaran yang telah dimiliki akan merosot akibat arena musiman itu.

“Sebagai orang yang percaya pada Tuhan hal-hal ini perlu dijaga agar iman dan kejujuran dan kebenaran yang dimiliki tetap utuh. Melaksanakan pemilu dengan takut akan Tuhan.

Selain itu kepada pihak penyelenggara mulai dari KPU, PPD, PPS, KPPS, dan TPS dapat jalankan demokrasi ini sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Undang-undang,”imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *