Launching Kampung Moderasi Beragama di Kampung Bumi Raya Distrik Nabire Barat

Launching Kampung Moderasi Beragama di Kampung Bumi Raya Distrik Nabire Barat

(Launching Kampung Moderasi Beragama di Kampung Bumi Raya Distrik Nabire Barat)

Nabire, Bertempat di Aula Kantor Distrik Nabire Barat, Kampung Bumi Raya (SP1), telah dilaksanakan Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama. Acara ini diresmikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire, Yafeth Iyai, S.Th., yang didampingi oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Drs. Gani Difinubun.

Launching Kampung Moderasi Beragama ini adalah bagian dari inisiatif besar yang diresmikan pada hari Rabu, 26 Juli 2023, oleh Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas secara serentak di seluruh Indonesia dengan menargetkan 1000 titik peluncuran, salah satunya di Distrik Nabire. Acara ini menjadi awal dari sebuah Pos Kampung Moderasi Beragama, di mana tujuannya adalah untuk menciptakan wadah yang inklusif, mempersatukan berbagai perbedaan dalam hal agama atau kepercayaan, serta menumbuhkan rasa saling menghargai antara satu sama lain.

(Baca Juga : Wabup Nabire Membuka Launching Kampung Moderasi Beragama Binaan Penyuluh Agama Islam & Sosialisasi AKUR Distrik Nabire Barat)

Kampung Moderasi Beragama (KMB) adalah kolaborasi yang melibatkan pemerintah, lembaga pendidikan, tokoh agama, dan masyarakat umum dengan tujuan memberikan kekuatan dan keberlanjutan dalam mencapai tujuan program ini. Melalui pendekatan yang moderat dan toleran, KMB bertujuan untuk membawa kehidupan beragama di masyarakat lebih damai, harmonis, dan menghargai perbedaan.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Asisten I Setda Papua Tengah, Ausilius You, S.Pd., M.M, Pejabat Eselon IV Kementerian Agama Nabire dan para Penyuluh, Forkompimda, Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kapolsek Nabire Barat, Babinsa Nabire Barat, Kepala Distrik Nabire Barat, serta Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat lainnya. Dengan kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan program Kampung Moderasi Beragama dapat berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat di Distrik Nabire Barat.

Acara KMB berlangsung dengan aman dan lancar, dihadiri oleh masyarakat dengan penuh semangat untuk menjalin kerjasama dan membangun harmoni dalam keberagaman. Semangat kebersamaan yang terpancar dari acara ini memberikan harapan bahwa nilai-nilai toleransi dan saling menghargai antarumat beragama akan semakin mengakar dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan diluncurkannya Pos Kampung Moderasi Beragama di Distrik Nabire Barat, diharapkan akan tercipta lingkungan yang lebih inklusif, di mana setiap warga dapat hidup berdampingan dengan penuh kedamaian tanpa harus mengesampingkan identitas agama atau kepercayaan masing-masing. Semoga langkah berani ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain di Indonesia untuk mengadopsi pendekatan moderat dalam membangun keharmonisan dan kerukunan sosial.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *