Kemah Orientasi Pengurus Kwaran dan Dewan Kerja Ranting Nabire Sukses Digelar

(Kemah Orientasi Pengurus Kwaran dan Dewan Kerja Ranting Nabire Sukses Digelar)

Nabire, 15 Mei 2024 – Kemah Orientasi bagi pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) dan Dewan Kerja Ranting Nabire telah sukses dilaksanakan pada 11-12 Mei 2024 di halaman Distrik Nabire Kota. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Bapak Sugeng Prasojo, S.Pd, yang juga merupakan Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, mewakili Ketua Mabiran.

Tujuan utama dari kemah orientasi ini adalah untuk membekali pengurus Kwaran dan Dewan Kerja Ranting dengan pengetahuan dan keterampilan terkait pelaksanaan tugas di tingkat Ranting dan Gugus Depan yang ada di wilayah kerja Kwartir Ranting Nabire.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari sekitar 40 pengurus Kwartir Ranting dan 13 anggota Dewan Kerja Ranting Nabire, serta perwakilan dari Gugus Depan di tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Perwakilan dari Gugus Depan di tingkat SMA/SMK diwakili oleh peserta didik, sedangkan di tingkat SD dan SMP diwakili oleh Pembina atau guru yang ditunjuk oleh sekolah.

Dari data yang ada, terdapat 63 sekolah di tingkat Distrik Nabire Kota, namun belum semuanya melaksanakan kegiatan kepramukaan di tingkat satuan pendidikan. Melalui kemah orientasi ini, diharapkan setiap gugus depan di tingkat satuan pendidikan dapat dibenahi untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia.

Kegiatan ini ditutup oleh Wakil Ketua Mabiran, Bapak Sugeng Prasojo, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pembinaan karakter melalui kegiatan kepramukaan.

Materi dalam kemah orientasi disampaikan oleh beberapa narasumber, antara lain Kepala Dinas Pendidikan Nabire, Dra. Dina Pidjer, yang diwakili oleh Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, dengan topik kebijakan pemerintah terkait kegiatan kepramukaan di tingkat satuan pendidikan. Selain itu, Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab), Chepi Karubuy, memberikan materi tentang pengelolaan gugus depan di tingkat satuan pendidikan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pengurus Kwaran dan Dewan Kerja Ranting Nabire dapat lebih siap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, serta mampu membentuk SDM yang berakhlak mulia di masa depan.(*)

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *