Kelompok Warga Bunani di Paniai Papua Turun Gunung

(Kelompok Warga Bunani di Paniai Papua Turun Gunung)

Paniai, Bunani merupakan kelompok warga yang membatasi dirinya dari modernisasi. Kelompok ini memilih hidup dengan menggunakan kebiasaan dan budaya adat suku Mee, di wilayah pegunungan tengah Papua sejak dahulu.

Kelompok Bunani menempati wilayah sisi utara kaki gunung Deiyai dan beberapa wilayah lain di pegunungan tengah Papua.

Mereka meyakini secara turun temurun adanya Allah pencipta alam semesta, tetapi menolak kehadiran agama dan kepercayaan modern.

Hidup kelompok Bunani ini sangat tergantung pada alam sekitarnya.

Hingga saat ini, kelompok Bunani memilih untuk tidak berbahasa Indonesia, dan berpegang erat pada kebudayaan dan kebiasaan lama turun temurun.

Kelompok Bunani juga menolak menggunakan pakaian dan aksesoris modern lainnya.

Pada hari kamis (17/06/21), sekelompok warga dari Suku Bunani, mendatangi kantor Bupati Paniai. Kedatangan mereka dalam rangka mendoakan secara adat, Bupati Paniai, Meki Nawipa.

Untuk sampai ke Enarotali, Suku Bunani berjalan kaki belasan kilometer, lalu menyeberangi Danau Tigi dan Danau Paniai, hingga akhirnya tiba di Enarotali.

Kedatangan Suku Bunani ini untuk mendoakan Bupati Paniai, Meki Nawipa yang dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan Ekonomi Masyarakat Pribumi Setempat oleh Organisasi Kamar Dagang Adat.

Bupati Meki Nawipa merencanakan warga Pribumi di Paniai untuk wajib memiliki pendapatan bersih sebesar Rp.100.000.- dalam sehari.

Seperti diketahui, wilayah kabupaten Paniai pada mulanya merupakan basis markas besar TPNPB-OPM, namun perlahan demi perlahan mulai membangun dirinya.

[Nabire.Net/Reyner Windesi]



2 Responses to Kelompok Warga Bunani di Paniai Papua Turun Gunung

  1. Maria Kapitarow berkata:

    Mengagumkan!! Msih ada yg mempertahankan adat budaya asli dan melestarikannya.Sementara ditempat lain udh pada gila dg budaya asing kebarat2an mau Korean…lupa bahasa bahkan pakaian adat sendiri.Semoga selalu sehat dan sejahtera smua.hormat utk bpk Meki Nawipa sukses slalu 🙏

  2. YULIANUS DEGYE berkata:

    DALAM BUDAYA KITA SUKU MEE BAHASA BUNANI ITU BERAPA KATA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *