Wisuda 443 Mahasiswa USWIM Nabire Angkatan XXI Tahun Akademik 2022/2023

Wisuda 443 Mahasiswa USWIM Nabire Angkatan XXI Tahun Akademik 2022/2023

(Wisuda 443 Mahasiswa USWIM Nabire Angkatan XXI Tahun Akademik 2022/2023)

Nabire, Sebanyak 443 orang mahasiswa Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire dari 5 Fakultas, mengikuti acara wisuda Strata Satu, Angkatan XXI, tahun akademik 2022/2023, kamis (24/11/2022), bertempat di Kampus USWIM Kalibobo Nabire.

Turut hadir dalam acara wisuda ini, Pj.Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk S.Sos., MM., Bupati Nabire, Mesak Magai., S.Sos., M.Si., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua & Papua Barat, Suriel Mofu,S.Pd,M.Ed.TEFL.M.Phil,D.Phil, Ketua Yayasan Wiyata Cenderawasih, Tom Yawan, Bupati Deiyai, Ateng Edowai, unsur Forkopimda kabupaten Nabire, para Pimpinan BUMN/BUMD, serta para wisudawan dan wisudawati beserta keluarga.

Sambutan Rektor USWIM Nabire Drs.Petrus Ishak Suripatty, M.Si

Di awal sambutannya, Rektor USWIM Nabire, Drs.Petrus Ishak Suripatty, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan Wiyata Cenderawasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Rektor USWIM, sehingga pada hari ini, Rektor mewisuda 443 orang sarjana baru.

Adapun wisudawan  dan wisudawati terdiri dari 167 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 93 orang dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FAPERTANAK), 15 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 15 orang dari Fakultas Perikanan dan Kelautan dan 153 orang dari Fakultas Teknologi dan Rekayasa.

“Untuk pertama kalinya wisuda USWIM angkatan ke-21 adalah wisuda dengan rasa Provinsi, oleh karena itu. USWIM Nabire turut berperan menyumbangkan sumber daya manusia di Provinsi Papua Tengah, maupun Provinsi dan kabupaten lain yang ada di tanah Papua maupun di luar tanah Papua,” kata Rektor USWIM Nabire.

USWIM Nabire sendiri kata Rektor USWIM, telah melahirkan lebih dari 7.000 sarjana dari berbagai disiplin ilmu yang dipercayakan kepada USWIM Nabire untuk dikelola.

Lulusan USWIM Nabire telah menghasilkan banyak ASN, anggota TNI/Polri, Pejabat Politik maupun yang sukses di bidang swasta.

“Saya atas nama seluruh Staf Akademika USWIM, mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan saudara dalam menyelesaikan studi di USWIM Nabire. Kepada orang tua, wali dan handai taulan, keluarga wisudawan, saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, untuk mendidik orang-orang yang Bapak dan Ibu kasihi. Kepada seluruh tenaga akademik, para dosen dan tenaga non akademik tenaga pendidkan di lingkungan USWIM, saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerjasamanya melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga anak-anak kita dapat menyelesaikan studi dan hari ini dapat diwisuda,” kata Rektor USWIM Nabire.

USWIM Nabire sendiri sampai saat ini mengelola 13 program studi yang dikelola berdasarkan proses pembelajaran, yang disesuaikan dengan amanat perundang-undangan yang berlaku.

Jumlah mahasiswa yang terdaftar pada USWIM Nabire sebanyak 3.005 orang mahasiswa, dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima tahun 2022/2023 sebanyak 559 orang.

Dari 3.005 mahasiswa tersebut, asal muasal mahasiswa lebih dominan berasal dari daerah pegunungan tengah, yaitu 20% dari Nabire, 15% dari Dogiyai, 18% dari Paniai, 11% dari Deiyai, 9% dari Puncak Jaya, 7% dari Puncak, 10% dari Intan Jaya dan 5% dari Tolikara, dan selebihnya berasal dari pesisir di Teluk Saireri dan daerah-daerah lainnya.

“Saya titipkan para sarjana baru ini untuk menjadi tanggung jawab kita bersama dalam memanfaatkan tenaga mereka untuk kemaslahatan masyarakat dan kejayaan bangsa dan negara. Selamat kepada wisudawan dan keluarga, juga semua yang berkenan hadir dalam acara wisuda ini,” ujar Rektor USWIM Nabire.

Sambutan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua & Papua Barat, Suriel Mofu,S.Pd,M.Ed.TEFL.M.Phil,D.Phil

“Bilang pada diri anda, quality is my identity, kualitas adalah identitas saya, saya akan tunjukkan kepada siapa saja bahwa saya dapat dipercaya, saya pantas dan layak dipercaya, saya bisa lakukan apa saja dengan kemampuan terbaik yang ada pada saya. Tidak susah melihat orang yang berkualitas, bisa dilihat dari orang yang bangun pagi, kalau dia bangun pagi jam 5 itu bagus, tapi kalau bangun jam 12 itu namanya pemalas. Masyarakat bisa tahu masalah kualitas. Masyarakat bisa bedakan kualitas yang bagus atau tidak, karena masyarakat bisa percaya kamu, maka kamu bisa dapat kerja,” kata Suriel Mofu.

Lanjutnya, “kalau kalian bingung menghadapi persoalan yang sulit, tenang saja, bilang saja pada diri anda bahwa pasti saya tahu kalau saya mau, kalau tidak mengerti, cari tahu. Cari tahu seumur hidup. Di dunia ini tidak ada orang yang pintar dan tidak ada orang yang bodoh, yang ada adalah orang yang sudah tahu dan orang yang belum tahu. Jaga kualitas anda. Dunia membutuhkan orang yang berkualitas bukan orang yang tidak berkualitas.”

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *