Umat Hindu di Nabire Hadiri Perayaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1945

Umat Hindu di Nabire Hadiri Perayaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1945

(Umat Hindu di Nabire Hadiri Perayaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1945)

Nabire, Bertempat di Gedung Yasodha yang berada di depan Pura Puja Dewata, SP 1 Bumi Raya, Distrik Nabire Barat, Kabupaten Nabire, telah dilaksanakan kegiatan Dharma Santi Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Tahun 2023, Minggu (02/04/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Nabire tersebut diikuti oleh seluruh umat Hindu yang ada di kabupaten Nabire.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Nyepi Tahun 2023 dan Dharma Santi, I Dewa Rai Jagatnata dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat yang hadir dalam acara ini, serta kepada umat dan panitia yang telah mempersiapkan acara ini.

Dikatakan I Dewa Rai Jagatnata dalam laporannya, Panitia telah mempersiapkan pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang mana atas dukungan umat serta PERADAH yang mempersiapkan dan melaksanakan pawai ogoh-ogoh yang sangat menarik simpati kepada seluruh warga Nabire, walaupun hanya diarak keliling SP2 dan kembali ke Pura.

Ia berharap kedepannya agar kita tingkatkan lagi dan kita persiapkan lebih matang dengan melibatkan seluruh umat dalam rapat-rapat persiapan dan keputusan-keputusan yang penting.

Lanjut dikatakan, untuk kegiatan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1945 mengusung tema : “Melalui Dharma Agama dan Dharma Negara, Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia”.

“Yang kita laksanakan hari ini merupakan representasi kondisi umat Hindu Kabupaten Nabire dan Provinsi Papua Tengah pada umumnya, yang mana sudah 2 tahun kita tidak melaksanakan Dharma Santi karena kondisi dan situasi Pandemi covind-19, sehingga dengan adanya kelonggaran kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Dan saya selaku Ketua Panitia menyampaikan ucapan banyak terima kasih atas sumbangsih umat baik berupa barang, materiil dan tenaga untuk mensukseskan hari raya besar kita ini”, tutupnya.

Sebagai informasi, kegiatan Dharma Santi merupakan acara simakrama/silaturahmi yang dalam pelaksanaannya melibatkan masyarakat umat Hindu, Tokoh-Tokoh umat beragama di Indonesia, para pejabat baik ASN, TNI-Polri, sebagai bentuk moderasi beragama demi terciptanya kehidupan yang rukun dan damai.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *