Tidak Ada Kenaikan Biaya SPP dan SKS, USWIM Nabire Tetap Dukung Program Beasiswa KIP Kuliah

(Rektor USWIM Nabire, Dr. Drs Petrus Suripatty, M.Si)

Nabire, 21 Juni 2024 – Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire kembali menegaskan komitmennya dalam menjaga stabilitas biaya pendidikan. Tahun ini, USWIM memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya kuliah. “Biaya SPP maupun uang SKS masih sama dengan tahun lalu. Setiap tiga tahun sekali, kami akan meninjau ulang. Namun, setelah evaluasi, kami merasa belum perlu menaikkannya,” ujar Rektor USWIM Nabire, Dr. Drs Petrus Suripatty, M.Si.

Selain itu, USWIM aktif mendukung program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang diberikan oleh pemerintah setiap tahunnya. Program ini memberikan kuota beasiswa kepada mahasiswa yang memenuhi syarat. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi calon penerima beasiswa, seperti kelengkapan dokumen NIK dan surat keterangan kurang mampu. “Pemerintah pusat yang memutuskan kelayakan penerima KIP Kuliah, meskipun prosesnya dilakukan di kampus masing-masing,” jelas Rektor, kepada Nabirenet, Kamis (20/06/2024).

Mahasiswa yang menerima beasiswa KIP Kuliah tidak perlu membayar uang semester dan mendapatkan biaya hidup selama satu semester, tergantung akreditasi program studi mereka. Namun, biaya untuk kegiatan-kegiatan yang tidak dibiayai oleh KIP Kuliah, seperti KKN, skripsi, proposal, wisuda, dan biaya praktek, tetap harus dibayar. “Setiap semester, mahasiswa penerima KIP Kuliah harus melaporkan keaktifan kuliah. Jika tidak aktif, beasiswa akan dialihkan,” tambah Rektor.

USWIM juga telah aktif mensosialisasikan program ini kepada masyarakat melalui berbagai forum. “Kami selalu berusaha untuk hadir di berbagai kesempatan untuk menyampaikan informasi ini,” kata Rektor.

Komitmen USWIM dalam menjaga stabilitas biaya pendidikan dan mendukung program beasiswa KIP Kuliah menunjukkan dedikasi universitas ini dalam menyediakan akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat. Dengan berbagai upaya sosialisasi dan dukungan, USWIM berharap dapat membantu lebih banyak mahasiswa meraih pendidikan tinggi tanpa terkendala biaya.

[Nabire.Net]


One Response to Tidak Ada Kenaikan Biaya SPP dan SKS, USWIM Nabire Tetap Dukung Program Beasiswa KIP Kuliah

  1. Sisko pigai berkata:

    Saya tidak akan membagikan alamat email saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *