Puji Tuhan, BLT Kemiskinan Ekstrem Sumber Dana Desa di Nabire Cair Agustus 2023, Cek Kriteria Penerimanya

Puji Tuhan! BLT Kemiskinan Ekstrem Sumber Dana Desa di Nabire Cair Agustus 2023, Cek Kriteria Penerimanya

(Puji Tuhan! BLT Kemiskinan Ekstrem Sumber Dana Desa di Nabire Cair Agustus 2023, Cek Kriteria Penerimanya)

Nabire, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Sumber Dana Desa untuk kemiskinan ekstrem cair di bulan Agustus 2023, cek kriteria penerimanya, dapat bantuan 2.7 juta Rupiah.

Salah satu bantuan langsung tunai (BLT) yakni kemiskinan ekstrem saat ini sedang ditinjau proses penyalurannya.

BLT Kemiskinan Ekstrem adalah bantuan yang diberikan untuk masyarakat miskin ekstrem di suatu daerah. Dengan fokus untuk pemulihan ekonomi berupa perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan Ekstrem.

Penyaluran BLT kemiskinan ekstrem lebih mengarah kepada masyarakat miskin ekstrem yang ada pada tingkat Desa/Kampung.

Kepala DPMK Nabire, Pelimon Madai mengatakan sesuai dengan Regulasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sebelumnya telah mengubah BLT-DD untuk pandemi Covid-19 (Bantuan Langsung Tunai Danai Desa) menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem. Hal ini Mengacu pada amanat Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, pemerintah kembali menyalurkan bantuan langsung tunai yang diambil dari Dana Desa.

Dahulu bantuan ini disalurkan guna membantu masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19, serta yang belum pernah tersentuh atau menerima program bantuan reguler pemerintah maupun Pemda setempat. Namun, dengan seiring menurunnya angka kasus Covid-19, maka BLT Dana Desa beralih menjadi BLT kemiskinan ektrem, sehingga bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat miskin yang tergolong ekstrem atau rentan.

Kemudian ditambahkannya, terkait Presentase penggunaan dana Desa untuk Covid 19 ditahun 2022 minimal 40% dari dana Desa, sedangkan tahun ini untuk BLT kemiskinan Ekstrem maksimal 25% dari dana Desa, artinya alokasi anggaran BLT akan berkurang yang berdampak pada kurangnya keluarga penerimaa manfaat tahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu.

Lantas, kapan jadwal penyaluran BLT kemiskinan ekstrem 2023?

Bansos BLT kemiskinan ekstrem di Nabire cair di bulan Agustus 2023. Namun, untuk tanggal pencairannya sendiri disesuaikan dengan Kelengkapan dokumen dari masing2 kampung, untuk Nabire per hari ini sudah 9 kampung yang melakukan pencairan keuangan kampung termasuk BLT Kemiskinan ekstrem triwulan,1 ,2 dan 3.

Sembilan kampung tersebut antara lain Lagari Jaya, Biha, Air Mandidi, Wanggar Sari, Kimi, Moor, Wiraska, Karadiri dan Kama.

Untuk penyaluran BLT ada 2 cara yang dilakukan Di kabupaten Nabire, yakni secara Tunai dan Transfer langsung ke Rekening Penerima BLT. untuk penerima BLT transfer ini mulai dilakukan di kampung-kampung percontohan yang ada di Distrik Nabire, Nabire Barat, Teluk Kimi, Wanggar dan Teluk Kimi.

Penerima BLT kemiskinan ekstrem akan mendapatkan bantuan berupa uang langsung tunai senilai Rp300.000 perbulan
Sehingga jika ditotal penerima akan mendapatkan bantuan Rp3.600.000 per tahun.

BLT miskin ektrem mulai diberikan kepada penerima dari awal bulan Januari hingga nanti Desember 2023. Sistem pencairan BLT kemiskinan ekstrem di Nabire dilakukan per 3 bulan sekaligus, sampai triwulan 3 (9 bulan), sehingga untuk sampai triwulan 3 pencairan penerima BLT kemiskinan Ekstrem sumber Dana Desa akan mendapatkan bantuan sebesar RP. 2.700.000.

Lalu, seperti apa kriteria penerima bantuan BLT kemiskinan ekstrem?

Ketentuan sasaran penerima manfaat BLT Desa sumber Dana Desa, diatur dalam PMK 201 Tahun 2022.

BLT Dana Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 meliputi :

a) Keluarga miskin ekstrem yang berdomisili di Kampung bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (P3KE).
b) Dalam hal Kampung tidak terdapat data penduduk miskin yang terdaftar dalam keluarga desil 1 sebagaimana dimaksud pada huruf a Kampung dapat menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT Desa dari keluarga yang terdaftar dalam keluarga desil 2 sampai dengan desil 4 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.
c) Dalam hal Kampung tidak terdapat data penduduk miskin yang terdaftar dalam keluarga desil 1 sampai dengan desil 4 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, Kampung dapat menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT Desa berdasarkan kriteria antara lain :

1. kehilangan mata pencaharian;
2. mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/ atau difabel;
3. tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan; atau
4. rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia

Berdasarkan kriteria diatas dilakukan Pendataan masyarakat yang menjadi penerima BLT Dana Desa. Pendataan tersebut langsung oleh pihak Pemerintah Kampung dan telah ditetapkan dalam Musyawarah Khusus Penetapan KPM BLT dalam Bentuk Peraturan Kepala Kampung.

Penentuan penerima dana BLT kemiskinan ekstrem dilakukan dengan cara pendataan dan survei secara langsung di lapangan. Hal ini dilakukan supaya penyaluran bantuan BLT kemiskinan ekstrem tepat sasaran.

Lantas bagaimana dengan 63 kampung lainnya terkait penyerahan BLT kemiskinan Ekstrem?

Untuk 63 kampung lainnya di kabupaten Nabire yang belum mencairkan BLT sedang proses melengkapi dokumen, beberapa diantara sudah selesai menyelesaikan syarat dokumen namun terkendala pembayaran di Bank Papua Cabang Nabire karena beberapa waktu di palang, sehingga tidak dapat dicairkan keuangan kampung. Informasi terakhir untuk pencairan dana kampung hanya bisa dapat dilakukan di bank cabang, sehingga sampai sekarang pihak kampung masih menunggu kejelasan dimana dan kapan akan dilakukan pencairan dananya.

Selain blt, pencairan ini juga termasuk gaji dan tunjangan kepala kampung, perangkat kampung, bamuskam, RT, RW dan program kegiatan pembangunan dan Pemberdayaan desa lainnya, sehingga dari pihak pemerintah kampung berharap segera permasalahan ini dapat diselesaikan oleh pihak terkait.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *