Polres Nabire Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Warga Kampung Bumi Mulia

(Polres Nabire Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Warga Kampung Bumi Mulia)

Nabire, Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76, Polres Nabire membagikan bendera merah putih kepada warga, melalui program Polri. Kegiatan dilaksanakan di kampung Bumi Mulia, Distrik Wanggar, kabupaten Nabire, (10/08/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Polres Nabire, Kompol Samuel D. Tatiratu, S.I.K didampingi AKP Alfred Tatiratu selaku Kasat Binmas, Iptu Petrus Paranoan Selaku Kapolsek Nabire Barat dan diikuti oleh Tokoh Masyarakat kampung Bumi Mulia Martinus Waker dan masyarakat kampung bumi mulia.

Wakapolres Nabire Samuel D. Tatiratu, S.I.K mengatakan, Polres Nabire selalu berusaha menumbuhkan kecintaan warga kepada bendera Merah Putih, lebih khusus menjelang HUT kemerdekaan RI ke-76.

“Dengan adanya kegiatan ini kiranya lebih memeriahkan 17 agustus di kabupaten Nabire, khususnya di kampung Bumi Mulia, sama halnya dengan kita menumbuhkan kerinduan masyarakat,” tutur Waka Polres.

Di tempat yang sama, Martinus Waker selaku tokoh masyarakat Suku Dani di kampung Bumi Mulia, mengatakan, setiap tahun, warga Suku Dani di Kampung Bumi Mulia Distrik Wanggar Kabupaten Nabire merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus dengan cara mengibarkan bendera Merah Putih disepanjang jalan kampung, namun pada tahun ini kami masyarakat kampung belum memasang bendera karena terkendala finansial.

“Untuk tahun 2021, kami sangat berterima kasih kepada saudara-saudara karena telah membantu kami meredam kerinduan kami untuk mengibarkan bendera Merah Putih disepanjang jalan kampung dengan memberikan bantuan bendera dan akomodasi lainnya, sehingga kami masyarakat dapat merayakan dan merasakan kemeriahan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76 17 Agustus 2021 di Kampung Bumi Mulia,” kata Martinus.

“Sebelum memasuki bulan Agustus 2021, kami masyarakat telah berbicara dan meminta kepada bapak Kepala Kampung dan Kepala Distrik untuk melaksanakan kegiatan menyongsong 17 Agustus 2021, namun permintaan kami ditolak dengan alasan Pemda tidak ada anggaran untuk melakukan kegiatan di kampung-kampung maupun di distrik, Kecintaan kami masyarakat Suku Dani yang bermukim di Kampung Bumi Mulia terhadap Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus sangat kelihatan, dimana setiap tahun kami dengan sumbangan sukarela masyarakat untuk membeli bendera dan gotong royong memasang bendera merah putih disepanjang jalan kampung,” lanjutnya.

“Harapan kami agar Pemerintah Kabupaten Nabire dapat konsisten memperingati HUT Kemerdekaan 17 Agustus setiap tahun kepada masyarakat yang berada di kampung-kampung, sehingga masyarakat yang berada di pedalaman dapat merasakan dan tumbuh rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Martinus.

“Selain itu Kami juga berharap agar kegiatan-kegiatan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia jangan hanya menjelang 17 Agustus saja, namun kalau bisa diperbanyak kegiatannya kepada masyarakat sehingga rasa cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat tumbuh di hati masyarakat dengan baik dan masyarakat merasakan dampak positif dengan hadirnya pemerintah sampai di kampung-kampung,” kata Martinus.

”Dengan adanya bantuan saudara-saudara dari Kepolisian sehingga kami masyatakat Kampung Bumi Mulia sangat antusias dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76 di kampung kami, dimana orang tua, pemuda dan anak-anak dengan kerja bersama memasang umbul-umbul dan bendera Merah Putih disepanjang jalan Kampung Bumi Mulia,” tutup Martinus Waker.

[Nabire.Net/Kabid Humas Polda Papua]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.