Pencari Kerja Tenaga Pendidikan Di Paniai Merana, Tak Ada Formasi D-II PGSD

Terbatasnya formasi yang disediakan pemerintah dalam penerimaan CPNS tahun 2013 di Kabupaten Paniai tak akan mengakomodir ketersediaan pencari kerja, salah satunya tenaga pendidikan. Formasi D-II PGSD tak ada tahun ini, bahkan para guru honorer merana karena tak ada peluang untuk direkrut menjadi PNS pada tahun ini.

Tak ada formasi, beberapa orang yang punya ijazah D-II PGSD terpaksa mengadu nasib dengan ijazah SMA/SMK. Kenyataan sama dialami alumni Teknik Pertambangan dan beberapa jurusan lain yang tahun ini tak ada formasi.

“Kenapa D2 PGSD tidak ada, kami mau tes baru,” keluh Merry Youw dan beberapa temannya usai melihat pengumuman alokasi formasi pengadaan CPNS tahun 2013 di pelataran GSG Uwatawogi Enarotali, beberapa waktu lalu

Tiadanya formasi pendidikan disesalkan mereka karena tenaga guru sangat minim, sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Paniai masih kekurangan. Namun kenyataannya, formasi guru SD tak ada.

Kondisi di beberapa sekolah dasar cukup memprihatinkan, sebab jumlah guru terbatas. Parahnya lagi, satu sekolah hanya ada dua guru ber-NIP. Selebihnya, guru honorer yang masih sangat butuh kejelasan statusnya dengan hendak mengikuti testing CPNS.

Dari 133 formasi yang diberikan untuk Kabupaten Paniai, beberapa diantaranya jurusan langka yang tak dimiliki putra daerah. “Ini peluang untuk pendatang, kitong tra akan diterima. Formasi juga terbatas begitu,” seloroh salah satu pemuda sambil menenteng map berwarna merah di depan loket pendaftaran.

Formasi umum maupun teknis yang disediakan pun sangat terbatas. Katakan Jurusan Ilmu Administrasi Negara ataupun Ilmu Pemerintahan, formasinya hanya satu yang akan diterima. Sedangkan pelamar terlalu banyak jumlahnya. Tak pelak, ribuan orang akan bersaing rebut 1 formasi yang disiapkan pemerintah.

Sebelumnya, pemerintah daerah dalam hal ini instansi teknis memberi penjelasan kepada para pencari kerja di Kabupaten Paniai. Tak sedikit yang merasa kecewa karena alokasi formasi CPNS tahun ini sangat kecil. Beberapa orang bahkan sempat pertanyakan, namun pihak BKD mengatakan bahwa ini merupakan kebijakan atau keputusan pemerintah pusat.

One Response to Pencari Kerja Tenaga Pendidikan Di Paniai Merana, Tak Ada Formasi D-II PGSD

  1. Marten Gobai berkata:

    Saya menjadi guru pns

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *