Pelatihan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha di Nabire Diikuti 10 Peserta

(Pelatihan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha di Nabire Diikuti 10 Peserta)

Nabire, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire melalui Seksi Penyelenggara Bimas Buddha telah melaksanakan Kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha tahun 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman moderasi beragama sehingga nantinya dapat merumuskan kesepahaman dalam toleransi kerukunan intern umat beragama.

Adapun tema yang diusung yakni “Melalui fasilitasi moderasi lembaga keagamaan buddha mari kita tingkatkan pelayanan dan pengetahuan pengurus”.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Vihara Buddha Dharma Karuna Nabire, Jumat (09/07). Hal tersebut sesuai laporan Ketua Panitia Penyelenggara, Guo Ismoyo,S.Pd.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire Yafeth Iyai,S.Th. Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Nabire memberikan apresiasi kepada panitia dan umat. Ia mengharapkan agar dapat menjaga hubungan antar umat beragama selalu baik, karena moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem atau ekstremisme, radikalisme, ujaran kebencian (hate speech) hingga retaknya hubungan antar umat beragama.

Lanjutnya, jika hal itu terjadi maka itu merupakan problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini, sehingga adanya program moderasi beragama ini dinilai penting dan menemukan momentumnya.

Lanjut Yafeth, dalam kemajemukan seperti ini dibutuhkan 3 sikap moderat yaitu pertama moderasi beragama menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai ciptaan Tuhan, kedua mencegah konflik, ketiga sebagai strategi kebudayaan kita dalam merawat bangsa indonesia.

Kegiatan dihadiri Kepala seksi Penyelenggara Agama Bimas Buddha pada kantor kementerian agama kabupaten Nabire, Eko Susiono,S.Ag, Ketua yayasan Buddha Dharma Nabire, Ketua Vihara Buddha Dharma Karuna, Ketua DPC MBI Nabire, Ketua WBI Kabupaten Nabire, serta peserta kegiatan Fasilitasi Moderasi lembaga keagamaan buddha.

Adapun Nara Sumber dalama kegiatan ini yakni tokoh agama Buddha, Bhikkhu Bahra Sunanda Vamsa dengan materi praktek jalan Tengah Berbasis Kearifan lokal dan Suirianto dengan materi Praktek Beragama yang moderat.

Peserta berasal dari kota Nabire 5 orang, dari Distrik Nabire Barat 3 orang dan dari Distrik Uwapa 2 orang.

[Nabire.Net/Oktovince Boma]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *