Kembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melukis dengan Kelereng Pada Anak TK

Kembangkan Kemampung Motorik Halus Melalui Kegiatan Melukis dengan Kelereng Pada Anak TK

(Kembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melukis dengan Kelereng Pada Anak TK)

Nabire, Salah satu aspek kemampuan yang penting untuk dikembangkan pada usia dini adalah kemampuan motorik halus anak.

Kemampuan motorik halus setiap anak berbeda, ada yang lambat dan ada pula yang sesuai dengan perkembangan tergantung pada kematangan anak.

Namun sebaiknya selaku pendidik atau orang tua hendaknya mengetahui permasalahan dan memberikan solusi bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Kemampuan motorik anak dikatakan terlambat, bila di usianya yang seharusnya ia sudah dapat mengembangkan keterampilan baru, tetapi ia tidak menunjukkan kemajuan. Terlebih jika sampai memasuki usia sekolah sekitar 6 tahun, anak belum dapat menggunakan alat tulis degan baik dan benar. Anak-anak yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik halus mengalami kesulitan untuk mengoordinasikan gerakan tangan dan jari-jemarinya secara flexibel.

Dalam level pembelajar PAUD, kita mengenal beberapa metode pembelajaran, yaitu metode bermain, metode bercerita,  metode bernyanyi, metode bermain peran, metode demonstrasi, metode karyawisata, dan lain sebagainya.

Kegiatan bermain dapat dijadikan menjadi metode pembelajaran anak PAUD karena sudah pasti menjadi hal yang paling disukai anak-anak. Ide inovasi metode pembelajaran yang kreatif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan melukis dengan kelereng.

Sebelum memulai sebuah kegiatan melukis dengan kelerang, pastikan untuk merencanakan secara cermat apa yang diharapkan dan dilakukan oleh anak. Pikirkan aturan bermain yang dapat dipahami dengan jelas oleh anak-anak.

Berikut penjelasan secara rinci langkah-langkah kegiatan melukis dengan kelereng :

  1. Siapkan alat dan bahan

  • Nampan berbentuk kotak

  • Kertas gambar

  • Cat warna dasar merah, biru, dan kuning

  • Kelereng berjumlah 15 butir

  • Sendok

  1. Teknik melukis dengan kelereng

Cara melukis dengan kelereng ini adalah :

  • Menyiapkan nampan bersih dan kertas gambar ukuran sedang

  • Kemudian memasukkan kelereng kedalam kaleng cat berwarna merah, kuning, dan biru

  • Kelereng yang dimasukkan kedalam 3 warna tersebut diangkat menggunakan sendok dan diletakkan pada samping kanan atau kiri kertas gambar yang berada didalam nampan berbentuk kontak tersebut

  • Jika kelereng sudah dimasukkan kemudian nampan tersebut digoyangkan ke kanan dan kiri secara perlahan

  • Setelah di ayun ke kanan dan ke kiri secara perlahan secara terus menerus maka akan dihasilkan sebuah lukisan halus yang dihasilkan oleh kelereng tersebut, dan warna-warna yang dihasilkan oleh kelereng yang tadinya dimasukan kedalam 3 warna dasar tadi menghasilkan perpaduan warna lain yaitu hijau, merah muda, ungu, dan sebagainya

  • Dengan perpaduan warna yang dapat menghasilkan warna lain sudah tentu membuat anak-anak tertegun, senang dan gembira sehingga terus-menerus ingin mencobanya berulang-ulang

Semoga dari ide kreatif ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih kegiatan pembelajaran yang tepat. Terutama guru dapat memperbaiki kegiatan belajar mengajar melalui melukis dengan kelereng sehingga dapat meningkatkan minat dan kreativitas anak dalam mengikuti kegiatan melukis , sehingga dapat membantu meningkatkan motorik halus anak.

*Penulis : Nurul Chadasah. S.Pd

[Nabire.Net/Arif]


5 Responses to Kembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melukis dengan Kelereng Pada Anak TK

  1. Ikha Hayuning Wulandari berkata:

    Bagus bu inspiratif sekali, bisa di praktekkan di tingkat sekolah dasar dalam muatan tema SBDP.

  2. Nurul chadasah berkata:

    Terimakasih gih MBK Ika sudah baca artikel saya .

  3. Srianah . spd.sd berkata:

    Kreatif sekali kata2mu pas ,bagus cukup kreatif lanjutkan,dan kembangkan untuk memajukan bangsa di dunia tk

  4. Nurul chadasah berkata:

    Amiiin yra terima kasih kakaku sudah baca artikel saya…

  5. Agus mulyono berkata:

    Sangat bagus kreatifnya oke dan perlu dikembangkan lebih lanjut untuk bisa menjadi kemampuan pribadi dan bisa menghasilkan sebuah prestasi….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *