Kasie Pembangunan Jalan & Jembatan Dinas PU Papua Tinjau Jembatan Sanoba Bawah

(Kasie Pembangunan Jalan & Jembatan Dinas PU Papua Tinjau Jembatan Sanoba Bawah)

Nabire, Jembatan Sanoba Bawah arah kota Nabire ke Pantai Wisata Gedo Nabire, ambruk dan tidak bisa dilewati sama sekali sejak 21 April 2021 lalu.

Sebelumnya, jembatan ini memang sudah mengalami kerusakan cukup lama. Kondisinya mulai memprihatinkan dan hampir ambruk, awal Januari 2021 lalu. Kondisi tersebut diinformasikan warga setempat.

(Baca Juga : Persoalan Ambruknya Jembatan Sanoba Bawah Nabire Sampai di Komisi IV DPR Papua

Menurut warga saat itu,  kondisi kayu jembatan telah lapuk, dan tengah jembatan sudah bengkok sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan.

(Baca Juga : Kondisinya Memprihatinkan, Warga Setempat Tutup Akses Jembatan Sanoba Bawah)

Berkaitan dengan ambruknya jembatan tersebut, hari ini, sabtu (29/05/21), telah dilakukan kunjungan oleh Kepala Seksi Pembangunan Jalan & Jembatan Dinas PU Provinsi Papua, Elias Komba.

(Baca Juga : Jembatan Sanoba Bawah Ambruk, Ini Tanggapan Dinas PUPR Nabire)

Turut mendampingi Kasie Pembangunan Jalan & Jembatan Dinas PU Papua, Kabid Bina Marga Dinas PU Nabire, Penehas Auwe, SSTP M.Si.

Maksud dari kunjungan Kasie Pembangunan Jalan & Jembatan Dinas PU Papua ini adalah untuk menindaklanjuti laporan peninjauan yang telah dilakukan sebelumnya oleh tim PUPR dari Provinsi bersama 1 orang konsultan dari Provinsi.

Nantinya, hasil kunjungan ini akan dikoordinasikan dengan Kepala Dinas PU Provinsi Papua untuk segera dilakukan penanganan, sehingga tidak menghambat akses transportasi warga Nabire.

Sebagai informasi,  Jembatan Sanoba Bawah ini mulai diperbaiki sejak Oktober 2018 lalu. Namun pekerjaannya terhenti. Menurut informasi yang diterima Nabire.Net, berhentinya pekerjaan Jembatan Sanoba Bawah ini terkait pemalangan lokasi.

(Baca Juga : Pekerjaan Jembatan Sanoba Bawah Nabire Terhenti Karena Pemalangan ?)

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Nabire, saat itu, Otto Riskandar ST M.Si.

Kadis PU Nabire membenarkan bahwa terhentinya pekerjaan Jembatan Sanoba Bawah akibat adanya pemalangan. Namun pemalangan terkait apa, Kadis PU enggan menjelaskan dan meminta Nabire.Net untuk menanyakan hal itu langsung ke Kepala Suku Wate Nabire.

Lebih lanjut, Kadis PU Nabire menjelaskan bahwa anggaran pembangunan Jembatan Sanoba Bawah menggunakan APBD Provinsi Papua tahun anggaran 2018 karena Jembatan Sanoba Bawah masuk ruas jalan Provinsi.

Namun Otto Riskandar mengaku khawatir jika pemalangan ini masih terus dilakukan, dana lanjutan untuk tahun 2019 terancam tak turun.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *