Ibadah Jumat Agung 29 Maret 2024 di GPT Kristus Raja Kalinona Nabire

(Ibadah Jumat Agung 29 Maret 2024 di GPT Kristus Raja Kalinona Nabire)

Nabire, Bertempat di Gereja Pantekosta Tabernakel Nabire (GPT) Kristus Raja, Jemaat Kalinona Nabire, telah dilaksanakan Ibadah Jumat Agung, 29 Maret 2024.

Ibadah dilayani pelayanan firman oleh Bapak Gembala Pdt. Paulus Appang, S.Th dengan mengambil nas pembacaan Firman Tuhan dari Injil Lukas 23:26-32 dengan nats “Yesus dibawa untuk disalibkan”.

Dalam khotbahnya Bapak Gembala Pdt. Paulus Appang, S.Th menjelaskan bahwa Tuhan Yesus ketika tergantung diatas kayu salib, lelah, capek, dan lain-lain tetapi Tuhan Yesus masih bisa melepaskan pengampunan untuk orang-orang yang menyalibkan-Nya dengan menyebut “Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.

Ketika Tuhan Yesus disalibkan, ada 7 (tujuh) ucapan yang Tuhan Yesus katakan. Tuhan Yesus jalan memikul salib, yaitu via dolarosa dibantu oleh Simon dari Kirene.

Berikut tujuh ucapan Tuhan Yesus ketika disalibkan :

1. Bapa, ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat (Tuhan Yesus melepaskan pengampunan)

2. Sesungguhnya hari ini juga, engkau akan ada bersam-sama dengan Aku di dalam Firdaus (Tuhan Yesus memberikan belas kasih kepada penjahat disamping-Nya. Firdaus = Tempat yang tenang, aman, damai dan sejahtera).

3.Ibu, inilah Anakmu (Yohanes 19:28). Saat itu ibu Yesus dan murid yang dikasihiNya, Yohanes, berdiri di sampingNya. Ada persekutuan, otoritas antara ibu dan murid-murid. Jangan ragu atau malu untuk memohon belas kasihan. Tuhan Yesus akan kembali sebagai Raja kalau kita ada di dalam Firman. Firman ada yang di dalam kita maka kita meminta belas kasihan kepada Tuhan Yesus. Kitab Wahyu 11:1 menjelaskan bahwa ibadah kita akan diukur. (Bait Suci Allah, mezbah dan orang yang beribadah di dalamnya).

4. AllahKu Allahku, Mengapa Engkau Meninggalkan Aku? (Ini merupakan penderitaan rohani yang dialami Tuhan Yesus. Gambaran buat kita bahwa kita jangan jalan sendiri tapi memohon penyertaan Tuhan. Ucapan ini pada jam 3 sore (Markus 15:33-34).

5. Aku Haus (Yohanes 19:28). Ini menandakan Tuhan Yesus tahu bahwa semuanya sudah selesai dan untuk menggenapi kitab suci, Tuhan Yesus mengatakan “Aku Haus”.

6. Sudah Selesai (Yohanes 19:30). Ini gambaran ucapan kemenangan.

7. Bapa ke dalam tanganMu kuserahkan nyawaKu. (Ini gambaran ucapan penyerahan. Gambaran bagi kiuta untuk menyerahkan tubuh kita kepada Tuhan. Itu ibadah kita yang sejati .

Diakhir khotbahnya, Pdt. Paulus Appang menegaskan, tidak ada keselamatan tanpa Salib.

Tuhan Yesus Mempelai Pria Sorga memberkati kita semua. Amin.

Ibadah diakhiri dengan sakramen perjamuan kudus.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *