Belum Dapat Formulir C6? Ini Informasinya

(Belum Dapat Formulir C6? Ini Informasinya)

Nabire, Seperti diketahui, Formulir C6 adalah surat pemberitahuan yang diberikan kepada pemilih untuk mengikuti pemilihan umum (Pemilu). Formulir C6 perlu dibawa ke TPS pada saat hari pencoblosan atau pemungutan suara Pemilu 2024.

Lalu formulir C6 Pemilu 2024 ambil di mana? Kapan pemilih bisa mendapatkan formulir C6? Simak penjelasan di bawah ini.

Formulir model C6 adalah Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara kepada pemilih dalam Pemilu. Dikutip dari Buku Panduan KPPS yang diterbitkan oleh KPU RI, formulir model C6 atau surat pemberitahuan akan diberikan paling lambat 3 (tiga) hari sebelum pemungutan suara atau tanggal 11 Februari 2024.



Lalu, bagaimana dengan pemilih yang belum mendapatkan formulir C6? Maka pemilih diberi kesempatan untuk mendapatkan formulir model C6 dari Ketua KPPS selambat-lambatnya 24 jam sebelum hari pemungutan suara, dengan menunjukkan KTP atau paspor atau identitas lain yang sah.

Apakah Bisa Nyoblos Tanpa Formulir C6?

Berdasarkan Pasal 15 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, pemilih belum menerima formulir C6 tetap bisa mengikuti pemungutan suara Pemilu. Berikut ketentuannya.

(1) Apabila sampai dengan 3 (tiga) hari sebelum hari pemungutan suara terdapat pemilih yang belum menerima formulir Model C6-KWK, pemilih yang bersangkutan dapat meminta formulir Model C6-KWK kepada Ketua KPPS paling lambat 1 (satu) hari sebelum hari pemungutan suara dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau Surat Keterangan.
(2) Dalam hal formulir Model C6-KWK yang telah diterima oleh pemilih hilang, pemilih menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau Surat Keterangan.
(3) Ketua KPPS meneliti nama pemilih yang belum menerima formulir Model C6-KWK sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dalam DPT, dan mencocokkan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau Surat Keterangan.
(4) Apabila dari hasil pencocokan sebagaimana dimaksud pada ayat (3), nama pemilih terdaftar dalam DPT, Ketua KPPS memberikan formulir Model C6-KWK kepada Pemilih.
(5) Apabila sampai dengan hari pemungutan suara terdapat pemilih yang terdaftar dalam DPT belum menerima formulir Model C6-KWK, pemilih yang bersangkutan dapat memberikan suara di TPS dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau Surat Keterangan.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *