Bapenda Nabire : Tak Semua Areal RTH Pantai Nabire Bisa Dipakai Untuk Berjualan

(Bapenda Nabire : Tak Semua Areal RTH Pantai Nabire Bisa Dipakai Untuk Berjualan)

Nabire, Pantai Nabire merupakan salah satu kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun dan dikelola pemerintah menggunakan dana APBN.

Sebelumnya, kawasan Pantai Nabire dikelola oleh Pemerintah Distrik Nabire dan Karang Taruna Kelurahan. Namun sejak tahun 2018, pengelolaannya diserahkan kepada Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kabupaten Nabire.

Mengapa demikian, sebab di kawasan tersebut terdapat para pedagang kaki lima seperti penjual bakso, es buah, bahkan ada tempat permainan anak-anakm yang termasuk dalam objek retribusi.

Hal itu diuraikan Kepala Bapenda Nabire, Ibu Fatmawati, SSTP, kepada Nabire.Net, rabu (14/04/21).

Ia menjelaskan, berdasarkan kesepakatan dengan pihak Distrik serta untuk menjaga kelestarian lingkungan di kawasan Pantai Nabire, maka ditetapkan ada wilayah yang tidak bisa dipakai untuk berjualan yakni di Pos Penjagaan hingga batas teras yang dibuat sampai batas tengah bagian pohon ketapang.

Lanjut Kepala Bapenda Nabire, untuk areal permainan anak-anak hanya bisa dipakai pada sore hari yakni pukul 16.00 WIT atau jam 4 sore, setelah pesawat selesai beroperasi.

“Sejak tahun 2018, kawasan Pantai Nabire dikelola oleh Bapenda, maka semua usaha makanan dan lain sebagainya di kawasan tersebut, didata sebagai objek retribusi, dengan pembayaran sesuai Perda dan Perbup perhitungan retribusi sesuai luas pemakaian tempatnya. Bapenda Nabire sudah berupaya agar luasannya sama semua,” urai Fatmawati, SSTP.

Lebih jauh Fatmawati menegaskan, salah satu peningkatan pendapatan asli daerah meningkat di sektor retribusi. Sumber penerimaan tersebut salah satunya melalui penerimaan dari para pedagang seperti para pedagang di kawasan Pantai Nabire, yang sebelumnya retribusinya tidak dimasukkan ke kas daerah.

[Nabire.Net]


One Response to Bapenda Nabire : Tak Semua Areal RTH Pantai Nabire Bisa Dipakai Untuk Berjualan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *