Antisipasi Banjir, Babinsa Bantu Warga Nifasi Buat Saluran Irigasi

(Antisipasi Banjir, Babinsa Bantu Warga Nifasi Buat Saluran Irigasi)

Nabire, Untuk mengantisipsi meluapnya air dan terjadinya banjir, Babinsa Koramil 1705-02/Napan, Serma Abdul Idrus, melaksanakan kegiatan karya bakti bersama masyarakat dalam rangka pembuatan saluran irigasi di Kampung Nifasi, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (18/02/2024).

Kegiatan karya bakti merupakan salah satu bentuk kepedulian Babinsa dan masyarakat untuk mengantisispasi terjadinya banjir. Di sisi lain sebagai sarana komunikasi sosial Babinsa terhadap masyarakat yang ada di wilayah binaan serta meningkatkan hubungan baik antara Babinsa dengan warga binaan.

“Disebabkan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, kami bersama masyarakat berinisiatif mengambil tindakan membuat saluran irigasi yang kokoh. Harapannya jika hujan tiba air tidak meluap ke jalan yang dapat mengganggu pengguna jalan akibat debit air yang terlalu banyak,” ujar Babinsa.

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat menumbuhkan budaya gotong royong yang selama ini redup dimakan jaman. Sehingga dapat menumbuhkan semangat dan nilai-nilai kekompakan. Yang dapat menjadikan inspirasi serta motivasi masyarakat saling bahu membahu bersama warga lainnya untuk mencapai kemajuan fasilitas umum pembangunan desa,” imbuhnya.

Karya bakti pembuatan saluran Irigasi ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat agar tetap terjalinnya hubungan yang baik dalam mengoptimalkan kegiatan pemberdayaan wilayah. Sehingga Koramil 1705-02/Napan dapat melaksanakan pembinaan teritorial secara tepat sasaran.

Babinsa juga mengungkapkan, “Karya bakti ini sebagai bentuk peran Babinsa di wilayah binaannya agar pondasi kemanunggalan TNI Rakyat terus kuat. Seiring dengan kegiatan ini juga akan tercipta kepekaan dan kepedulian sosial yang mampu menjalin komunikasi sosial kepada seluruh lapisan masyarakat”.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *