SMP YPPK Santo Antonius Nabire Siap Laksanakan Ujian Semester Online

(Ujian Online)



Nabire – Akibat pandemi Covid-19, kegiatan pendidikan di tanah air terhambat. Setiap sekolah diwajibkan belajar dari rumah, dan tidak ada kegiatan belajar di sekolah. Dampaknya, pelaksanaan ujian baik ujian nasional maupun ujian semester (kenaikan kelas) terpaksa ditiadakan, dan jika tetap dilaksanakan maka dilaksanakan secara online (daring).

Seperti yang dilakukan oleh SMP YPPK Santo Antonius Nabire. Walaupun sejumlah sekolah di Nabire tidak melaksanakan ujian semester secara online, namun SMP YPPK Santo Antonius Nabire tetap menguji para siswanya yang duduk di kelas VII dan VIII dengan ujian online.

(Baca Juga : Antisipasi Corona, Siswa di Nabire Disuruh Belajar di Rumah)

Pelaksanaan ujian online di SMP YPPK Santo Antonius Nabire akan dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 13 Juni 2020, mengujikan 9 mata pelajaran yaitu Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, Matematika, TIK, IPA, Seni Budaya, IPS, Penjas dan Prakarya.

Para siswa diuji secara daring menggunakan aplikasi Google Classroom. Tentu hal ini menjadi suatu catatan tersendiri bagi SMP Santo Anotnius, mengingat banyak sekolah di Nabire yang terpaksa meniadakan pelaksanaan ujian semester.

Ujian online bagi kelas VII dan VIII SMP Antonius Nabire diperkirakan akan diikuti 40% dari total keseluruhan siswa sebanyak 260 orang.

Siswa yang tidak mempunyai akses untuk mengikuti ujian online bisa dilayani secara manual dengan datang ke sekolah dan mengambil soail ujian, kemudian dikumpulkan esok harinya, demikian dengan soal ujian di hari berikutnya.

Bagi sekolah yang tidak melaksanakan ujian sekolah, terpaksa menggunakan penilaian berdasarkan dua kriteria dalam menentukan kenaikan kelas.

(Baca Juga : Kadis Pendidikan Nabire : Jika Ujian Semester Tak Terlaksana, Ini Kriteria Penentuan Kenaikan Kelas)

Kedua kriteria tersebut masing-masing nilai tugas siswa yang pertama, dan kedua dari nilai rata-rata rapor siswa dari tahun ke tahun. Itulah yang akan menentukan kenaikan kelas bagi para siswa, jika tidak ada ujian semester.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *