Peringatan Hari Koperasi Ke-72 Tahun 2019 Di Nabire

(Dok.Hari Koperasi Ke-72 Di Nabire)

(Dok.Hari Koperasi Ke-72 Di Nabire)

Nabire – Koperasi adalah sokoguru perekonomian yang telah teruji dan tidak dapat dipengaruhi sistem ekonomi liberal. Memiliki sejarah yang panjang, koperasi diharapkan memajukan perekonomian di negara ini.

Bertempat di Koperasi Unit Desa (KUD) Rukun Makmur, Kampung Wadio SP3, Distrik Nabire Barat, Sabtu (13/07), telah dilaksanakan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72, tahun 2019, tingkat kabupaten Nabire.

Hadir dalam acara ini, Bupati Nabire, Isaias Douw, unsur Forkopimda, Sekretaris Dinas Koperasi kabupaten Nabire, RB.Setyobudi, mewakili Kepala Dinas, Ketua Dekopinda Nabire, Madyo Prayitno, perwakilan Polsek Nabire Barat, serta anggota dari masing-masing Koperasi yang ada di Nabire.



Dari ratusan koperasi yang ada di kabupaten Nabire, hanya 30 koperasi yang aktif. Terkait hal itu, Bupati Nabire, Isaias Douw mengatakan, pemerintah kabupaten Nabire akan membantu koperasi dalam hal pendanaan.

Namun hal tersebut perlu dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Dinas Koperasi dan Dekopinda Nabire, salah satunya untuk memastikan jumlah koperasi yang ada di Nabire serta keaktifannya.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan Koperasi juga meminta perhatian dari pemerintah Nabire karena selama ini keberadaan koperasi dikelola secara swadaya dan masih banyak yang kekurangan dana, karena minimnya perhatian dari pemerintah.

Peringatan Hari Koperasi ke-72 ini juga dimeriahkan dengan lomba masak non beras yang diikuti peserta dari masing-masing Koperasi. Menu yang disajikan berupa nasi jagung, ubi ungu, tiwul dan lain sebagainya.

Kepada para peserta lomba, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan yang juga Ibu Bupati Nabire, Yuvinia Douw, berharap, semoga dengan lomba kreasi masak non beras ini, gizi keluarga bisa terpenuhi dengan baik.

Acara juga dimeriahkan dengan hiburan dangdut suling bambu.

Dalam acara ini, Bupati melakukan pemotongan tumpeng ulang tahun, dan diserahkan kepada Koperasi Orang Asli Papua. Bupati berharap agar Koperasi OAP juga bisa maju, dan dapat bersaing dan sejajar dengan koperasi lain yang ada di Nabire.

Acara dilanjutkan dengan sambung rasa dan temu wicara perkoperasian, serta penyerahan sertifikat NIK kepada Koperasi Pikasti, KSP Artha Kencana dan KSU Maju Mandiri Sejahtera.

Hari Koperasi ke-72 tahun ini mengusung tema sentral “Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0”, dan sub tema “Dengan Temu Wicara Gerakan Koperasi se-kabupaten Nabire, Menuju Koperasi Sehat & Berkualitas”.

[Nabire.Net]

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.