Pemilu 2019 Di Nabire : Warga Laporkan Banyaknya Kecurangan & Proses Pencoblosan Yang Semrawut

(Suasana pencoblosan di TPS 3, kampung Bumi Mulia, Nabire)

Nabire – Rabu 17 April 2019, seluruh warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan pencoblosan Presiden/Wakil Presiden, serta Caleg DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi dan kabupaten. Demikian halnya di kabupaten Nabire.

Namun pelaksanaan Pemilu 2019 di kabupaten Nabire, sarat dengan keluhan dan kecaman warga, terkait pelaksanaan pemungutan suara atau pencoblosan yang semrawut serta banyak indikasi terjadinya kecurangan.

(Baca Juga : Warga Nabire Laporkan Ada Potensi Kecurangan Pemilu, Ini Cara Mengantisipasinya)

Dari sejumlah laporan yang diterima Nabire.Net, kecurangan seperti money politic, formulir C6 yang tidak diterima warga, formulir C6 yang berbeda dengan identitas warga, pencoblosan oleh anak dibawah umur, pencoblosan berkali-kali, hingga pencoblosan surat suara yang sudah dilakukan sebelum hari pencoblosan, dugaan keterlibatan anggota KPPS untuk memenangkan partai/caleg tertentu, dan masih banyak lagi.

Selain itu kondisi ini diperparah dengan adanya DPT yang berisi warga Nabire yang sudah meninggal, surat suara di sejumlah TPS yang sudah habis dan berdampak pada tutupnya sejumlah TPS lebih awal, lokasi TPS yang tidak sesuai formulir C6, warga yang dipindah ke lokasi TPS lain yang tidak sesuai dengan DPT-nya dan lain sebagainya.

Terkait hal ini, warga Nabire menyatakan kekecewaan terhadap penyelenggara Pemilu dari KPU hingga KPPS. Warga merasa persoalan ini seharusnya bisa diantisipasi jika ada ketegasan dari penyelenggara Pemilu. Penyelenggara Pemilu tentu harus belajar dari pengalaman-pengalaman Pemilu sebelumnya. Namun kondisi yang masih sama terjadi tentu membuat warga Nabire menilai bahwa penyelenggara Pemilu tidak pernah serius menyelenggarakan Pemilu dengan baik.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.