Pelaporan LHKPN Pemkab Nabire Kepada KPK Baru 66.67%

(Dok. Bimtek Asistensi Pengisian e-LHKPN di Kantor Bupati Nabire yang dilaksanakan KPK)

(Dok. Bimtek Asistensi Pengisian e-LHKPN di Kantor Bupati Nabire yang dilaksanakan KPK/Foto.Faite)

Nabire – Berdasarkan data dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tingkat kepatuhan pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)  di lingkungan pemerintah kabupaten Nabire hingga 5 Juli 2019 sebesar 66.67%.

Hal itu diketahui usai pelaksanaan kegiatan Bimtek Asistensi Pengisian e-LHKPN di lingkungan pemkab/pemkot/pemprov Papua yang dilaksanakan KPK di 2 kabupaten masing-masing kabupaten Nabire dan Jayawijaya, dari tanggal 8 hingga 12 Juli 2019.

Kegiatan tersebut bertujuan agar jajaran eksekutif dan legislatif di pemprov maupun pemkab di Papua lebih meningkatkan kepatuhannya melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Hal ini disebabkan rata-rata kepatuhan pelaporan LHKPN di lingkungan Pemprov/Pemkot/Pemkab se-Provinsi Papua masih sangat rendah. Bahkan beberapa daerah tercatat tingkat kepatuhan laporannya nol persen (0%).

Tercatat ada 6 kabupaten yang tingkat kepatuhannya 0%. Keenam kabupaten tersebut masing-masing kabupaten Dogiyai, Deiyai, Waropen, Mamberamo Tengah, Yahukimo dan Yalimo.

Sedangkan kota Jayapura bersama Pemkab Tolikara dan Jayawijaya meraih 100% tingkat kepatuhan pelaporan LHKPN.


Sementara untuk legislatif, kabupaten Intan Jaya dan kabupaten Puncak laporan LHKPN-nya tercatat 0%.

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat pelaporan LHKPN tersebut karena jaringan internet yang tidak stabil, sehingga kurang mendukung performa aplikasi pelaporan harta berbasis web.

Bupati Nabire Isaias Douw yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan, harta harus dilaporkan secara lengkap dan tak boleh ada yang ditutupi.

Bupati juga berencana memasukan faktor kepatuhan pelaporan LHKPN sebagai salah satu aspek penilaian yang digunakan dalam promosi jabatan.

Kegiatan Bimtek di Nabire ini diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati Nabire, Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai serta para penyelenggara negara di lingkungan Pemkab dan DPRD Kab Dogiyai, Kab Deiyai, Kab Waropen, Kab Paniai, Kab Intan Jaya.

[Nabire.Net]

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.