Longsor Di Jalan Poros Karadiri 1 Wanggar, Ini Jalur Alternatif Lain Yang Ingin Ke Nabire Atau Sebaliknya

(Dok.Longsor jalan poros Karadiri 1/Dok.Widodo)

Nabire – Banjir menggenangi sejumlah kampung di Distrik Yaro maupun Distrik Wanggar Nabire, senin malam (18/02) hingga selasa tengah malam (19/02).

Hingga berita ini diturunkan, banjir terjadi di Kampung Jaya Mukti (Yaro 2), Distrik Yaro Nabire. Selain itu banjir juga menggenangi kampung Karadiri 1, Distrik Wanggar Nabire, serta jalur 3 dan 7 kampung Wiraska, Distrik Wanggar Nabire.

(Baca Juga : Hujan Guyur Nabire Sejak Senin Sore Hingga Malam, Kampung Jaya Mukti Distrik Yaro Nabire Terendam Banjir Lokal)

Di kampung Karadiri 1, berdasarkan informasi dari warga setempat, Widodo, terjadi longsor di jalan poros Karadiri 1 setinggi 1 meter.

Warga Nabire yang dari arah kota menuju Distrik Wanggar atau sebaliknya untuk sementara tidak bisa melintasi jalan poros Karadiri 1, dekat dengan tanjakan Karadiri 2 (bekas gusuran bukit). Jika tetap ingin bepergianm warga bisa mengitari Karadiri bagian barat.

(Baca Juga : Selain Jaya Mukti Yaro, Banjir Juga Terjadi Di Jalur 7 Kampung Wiraska Dan Karadiri 1 Wanggar)

Widodo menjelaskan rute alternatif melewati Karadiri bagian barat yaitu jika dari arah kota, bisa melewati Sumber Sticker, lurus lewat dalam sampai mentok di Pos Kamling, lalu belik kiri menuju jalan besar.

Sedangkan jika warga dari arah Wanggar ingin menuju kota, sebelum tanjakan Karadiri 2, belok ke kiri lewat Karadiri 1, dapat Pos Kamling, belok kanan lurus hingga tembus di Sumber Sticker dan melanjutkan perjalanan menuju kota.

Hingga berita ini diturunkan, hujan masih mengguyur kota Nabire cukup deras. Warga di Distrik Yaro dan Wanggar diminta untuk waspada terjadinya banjir.

(Kondisi banjir di kampung Jaya Mukti Yaro 2, Distrik Yaro/Dok.Eka)

Menurut Prakirawan BMKG Nabire, Eusebius Andronikus, hingga saat ini masih ada awan hujan tebal diatas Nabire. Durasi hujan diperkirakan masih agak lama tapi dengan intensitas ringan.

Seperti diketahui sejumlah kampung di Distrik Yaro sering menjadi langganan banjir jika hujan deras terjadi cukup lama.

Hal ini disebabkan wilayah tersebut dekat dengan Kali Yaro, sehingga jika Kali tersebut meluap maka dapat dipastikan banjir akan menggenangi kampung Yaro Makmur.

Warga sendiri sudah sering meminta kepada pemerintah agar bisa mengatasi persoalan banjir di Distrik Yaro, Penyebabnya sudah pasti Kali Yaro, sehingga pemerintah seharusnya melakukan normalisasi Kali Yaro agar kejadian ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.