Ini Penjelasan Kepala Dukcapil Nabire Terkait Gangguan Pelayanan Cetak Dokumen

(Plt.Kepala Dinas Dukcapil Nabire, Yeremias Mote, SSTP)

Nabire – Sudah beberapa hari ini, pelayanan pencetakan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Nabire melayani gangguan.

Akibat gangguan tersebut, warga Nabire yang ingin melakukan pencetakan dokumen kependudukan seperti KTP-El, KK dan akta pencatatan sipil, terpaksa tidak bisa terlayani.

Sebelumnya Nabire.Net telah menanyakan kepada salah seorang Staf Dukcapil Nabire mengenai problem sebenarnya yang terjadi.



Informasi yang diterima Nabire.Net, hal itu disebabkan beberapa hal diantaranya gangguan pada jaringan internet di Kantor Dukcapil Nabire serta konfigurasi aplikasi terbaru server Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

(Baca Juga : Pelayanan Cetak Dokumen Kependudukan Di Dukcapil Nabire Terganggu, Ini Penyebabnya)

Hari ini, kamis (16/01), Nabire.Net berhasil menghubungi Plt.Kepala Dinas Dukcapil Nabire, Yeremias Mote, SSTP.

Kepada Nabire.Net, Yeremias menjelaskan bahwa gangguan pelayanan di Dukcapil Nabire berkaitan dengan pemadaman alat (server) SIAK.

Dijelaskan, pemadaman itu berkaitan dengan rusaknya router akibat sambaran petir. Selain itu, server SIAK di Dukcapil Nabire juga sedang diupgrade aplikasinya.

“Server SIAK di Dukcapil Nabire sedang diupgrade aplikasinya, karena kami diharuskan untuk menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) oleh Bapak Dirjen Dukcapil Kemendagri, dengan demikian, Administrator Database Kependudukan Dukcapil Nabire, sedang mengurus hal tersebut di Jakarta”, beber Kadis Dukcapil Nabire.

Lebih lanjut Yeremias mengatakan, berkaitan dengan hal itu, diperkirakan pelayanan pencetakan dokumen di Dukcapil Nabire baru bisa normal 1 bulan kemudian, namun pihak Dukcapil Nabire akan berupaya agar bisa dipercepat.

“Kami mohon maaf kepada seluruh warga Nabire atas terjadinya gangguan pelayanan pencetakan. Nanti setelah Administrator Database kami kembali dari Jakarta, kami upayakan secepatnya”, kata Yeremias.

Namun Yeremias menegaskan bahwa Dukcapil tetap melakukan pelayanan manual seperti Surat Keterangan Manual serta Pengesahan Dokumen Kependudukan saja.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *