Ini Penjelasan Kapolres Nabire Terkait Keberadaan Kapal Keruk Emas Di Siriwo Nabire

Nabire – Menanggapi adanya kapal keruk emas di Siriwo, Distrik Siriwo Nabire, Kapolres Nabire, AKBP Sonny Nugroho S.IK menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi kapal berada hari ini, (19/06).

Hal itu disampaikan Kapolres Nabire melalui sambungan telepon kepada Nabire.Net, Rabu sore (19/06).

Dijelaskan Kapolres, memang benar bahwa di lokasi tersebut ada kapal keruk emas, dan kapal tersebut dimiliki oleh PT. Jichuan.

Namun hingga saat ini kapal tersebut dipastikan belum beroperasi dan masih dalam tahap pembuatan (belum selesai pembuatannya).

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, awalnya pihaknya akan melakukan pemasangan police line di lokasi kapal, hal itu didasarkan atas belum lengkapnya ijin operasional yang dimiliki perusahaan, sesuai pemeriksaan pihak kepolisian.

Namun karena ada keberatan dari pihak perusahaan, dicapai kesepakatan bahwa kapal keruk emas tidak dipasangi police lain tetap kapal keruk emas tidak boleh dipergunakan hingga ada ijin jelas, khususnya dari Dinas ESDM Provinsi Papua serta pihak-pihak yang terkait dibawahnya.

Ditambahkan Kapolres, kasus ini sendiri sudah dalam penanganan oleh Polres Nabire, dan pihak PT. Jichuan mengatakan akan mengurus perijinan yang belum lengkap tersebut.

Sebelumnya diberitakan, keberadaan kapal keruk emas di Siriwo terungkap saat kunjungan Ketua LSM Wadah Generasi Anak Bangsa, Yeri Basri Mak, ke KM 102 Siriwo, Distrik Siriwo, kabupaten Nabire.

(Baca Juga : Ditemukannya Kapal Keruk Emas Milik PT. Hanjun Di Siriwo Nabire Tanda Lemahnya Pengawasan Dinas ESDM Papua & Pemkab Nabire)

Seperti dilansir Nabire.Net dari media online Nasionalnews.Id, kapal keruk emas tersebut belum dioperasikan, namun diduga menyalahi aturan pembuatan kapal.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

One Response to Ini Penjelasan Kapolres Nabire Terkait Keberadaan Kapal Keruk Emas Di Siriwo Nabire

  1. Tiwi berkata:

    Adoh polisi km lg takut dengan orang2 itu.. Masa kmu mau dengar dorang yg jelas2 buat kapal tra ada ijin…itu besok2 trada yg datang cek lg dorang su pake kapal itu untuk ambil emas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.