Bupati Minta RT/RW Se-Distrik Nabire Aktif Atasi Persoalan Sampah

(Bupati Nabire Isaias Douw S.Sos M.AP)

(Bupati Nabire Isaias Douw S.Sos M.AP)

Nabire – Terkait persoalan sampah di kota Nabire, Bupati Nabire, Isaias Douw S.Sos M.AP meminta kepada para Lurah, RT dan RW khususnya yang berada di Distrik Nabire, agar terlibat dalam pemberantasan sampah serta mensosialisasikan arti penting menjaga kebersihan lingkungan kepada warganya.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Isaias Douw, saat menggelar rapat bersama para Lurah, RT dan RW se-Distrik Nabire, Rabu (17/07), bertempat di Ruang Rapat Setda Nabire.

Kata Isaias, pemerintah Nabire memiliki banyak program kerja, namun terkadang sebagai pimpinan daerah, dirinya harus melaksanakan tugas-tugas lainnya.

Oleh karena itu, Bupati meminta agar program kerja yang sudah ada, bisa dilaksanakan oleh jajarannya, termasuk RT dan RW sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tingkat terkecil.

Jika dalam penjabarannya, RT dan RW juga memiliki kesibukan tersendiri, maka bisa diwakilkan kepada warga lainnya yang dianggap bisa mewakili RT maupun RW. Sehingga persoalan ini tidak serta merta harus dibebankan semua kepada pimpinan daerah.

Seperti dilansir dari media Papuapos Nabire, Bupati Douw menegaskan bahwa persoalan sampah tidak perlu semuanya menunggu instruksi pimpinan daerah. Kepala Distrik, Lurah hingga RT/RW, harusnya memiliki inisiatif untuk menjabarkan program pimpinan daerah kepada masyarakat.

Kepada Kepala Distrik dan Lurah, Bupati juga meminta untuk mengawasi kinerja RT/RW dalam persoalan ini. Jika dirasa ada yang tidak cakap dalam melaksanakan program kerja pemerintah, maka jabatan RT/RW bisa diganti.

Di tempat yang sama, Bupati juga meminta kepada Kepala Distrik Nabire untuk sesegera mungkin menyiapkan tempat pembuangan sampah di masing-masing kelurahan, untuk menjawab keluhan dan aspirasi warga Nabire dalam mengatasi persoalan sampah.

Seperti diketahui, menindaklanjuti pelarangan membuang sampah di beberapa Tempat Pembuangan Sampah yang ada di Kabupaten Nabire, Bupati Nabire, Isaias Douw S.Sos M.AP, kembali mengeluarkan instruksi larangan membuang sampah sembarangan.

(Baca Juga : Awas, Buang Sampah Sembarangan Di Nabire Didenda 100 Ribu)

Instruksi tersebut dikeluarkan tanggal 17 Juli 2019, dengan nomor instruksi 658.1/1526/SET tentang larangan membuang sampah sembarangan.

Dalam instruksi tersebut, Bupati Douw meminta seluruh warga Nabire untuk tidak membuang sampah di depan tempat ibadah, di pinggir jalan serta fasilitas umum lainnya.

Lebih lanjut Bupati meminta agar warga membuang sampah di tempat yang sudah disediakan yaitu di Kalibobo, Oyehe, Nabarua, Siriwini, Karang Tumaritis, Karang Mulia, Morgo, Girimulyo dan Wonorejo.

Sementara bagi warga yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya (sembarangan) maka akan dijatuhi sanksi pidana sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2013 Pasal 45 tentang Ketertiban Umum dan denda sesuai Perda Nomor 1 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah, Pasal 55 ayat 1, dengan jumlah denda sebesar 100 ribu rupiah.

[Nabire.Net]


3 Responses to Bupati Minta RT/RW Se-Distrik Nabire Aktif Atasi Persoalan Sampah

  1. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari!
    Bupati ko yang pilih bawahanmu, tp ko bicara macam bikin “eksyen” saja.

  2. chaq berkata:

    Seharusnya kita semua wajib menjaga lingkungan sekitar kita. Mulai itu dari masyarakat sampai bupati.

    Tidak perlu saling menyalahkan, kita sadar diri saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *