News & Info

Wisata Hiu Paus Belum Memberikan Kontribusi Nyata Bagi Warga Sekitar TNTC

Share

Beberapa  hari lalu, harian Kompas mengangkat berita tentang potensi dan obyek wisata dasar laut hius paus di Nabire yang berada di 2 wlayah yakni kampung Sima dan kampung Kwatisore. Hiu Paus sendiri oleh Lembaga Konservasi Dunia telah ditetapkan sebagai hewan yang hampir punah sehingga perlu dilindungi.

Hal tersebut membuka peluang bagi turis baik domestik maupun mancanegara yag menyukai hewan ini untuk berbondong-bondong datang ke Nabire melihatnya. Dengan demikian omzet atau pemasukan bagi daerah ini akan bertambah.

Anehnya, hingga saat ini, devisa dari kunjungan para turis asing selama ini belum menyentuh dan memberikan manfaat kepada warga sekitar lokasi wisata yaitu kampung Sima dan kampung Kwatisore, selain juga Distrik Yaur.

Selain itu, pelatihan bagi warga sekitar juga masih sangat minim. Seharusnya pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata kabupaten Nabire dan pengusaha yang selama ini mendapat income dari wisata Hiu Paus tersebut perlu duduk bersama masyarakat sekitar untuk mendesain peluang bisnis wisata sekaligus peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga sekitar wisata Hiu Paus.

Pada intinya, rakyat mendapat apa dari wisata Hiu Paus ini, kalau hanya untuk kepentingan sepihak sebaiknya wisata hiu paus dihentikan, karena itu bukan bagian dari hak ulayat, namun penunjag hak ulayat.

Saya sebagai Sekretaris Suku Besar Yerisiam akan membuat pernyataan sikap terkait obyek wisata Hiu Paus yang tak jelas dan transparan peruntukkan bagi warga sekitar tempat wisata Hiu Paus, dan keuntungan tersebut terkesan hanya bagi sebagian oknum saja.

*Penulis adalah Sekretaris Suku Besar Yerisiam, Roberthino Hanebora”

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

2 Responses to Wisata Hiu Paus Belum Memberikan Kontribusi Nyata Bagi Warga Sekitar TNTC

  1. kindarto dan boti says:

    Nabire itu unik, tapi belum bisa jadi destinasi wisata karena memang belum ada penggarapan serius untuk menjadikannya sebagai daerah wisata. 😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.