Ujian Kenaikan Tingkat Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah Nabire

Nabire РPencak silat merupakan warisan kepribadian budaya bangsa yang mengandung banyak unsur pembelajaran yang baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani.  Saat ini pencak silat bukan saja dipelajari oleh bangsa Indonesia saja tapi sudah sampai ke belahan bumi lain seperti dataran Eropa, Amerika, dan Afrika.

Terlepas dari bentuk dan jenisnya, yang jelas manfaat dari ilmu bela diri ini adalah gerak dan tindakan seseorang agar menjadi mantap dan percaya diri.

Perkembangan pencak silat dengan tujuan untuk dapat melestarikan dan menanamkan kepada anak anak tentang kecintaan terhadap olahraga beladiri asli Indonesia. Selain itu Pencak silat sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh, bukan hanya fisik tapi juga mental bahkan spiritual.

Di dalam pencak silat, seorang anak dilatih untuk adu tanding/sambung, jurus, senam masal, daya tahan/fisik bahkan tidak hanya itu, seorang anak juga akan dilatih tentang kepemimpinan dan spiritual.

Di Kabupaten Nabire sendiri telah ada beberapa perkumpulan atau perguruan silat yang terdiri dari bermacam aliran, dimana setiap perguruan pun memiliki beberapa kekhasan, salah satunya Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah Nabire. Hal ini yang menjadi sumber kekayaan budaya Indonesia yang sangat beragam di Kabupaten Nabire.

Untuk mefasilitasi para pelatih untuk dapat mengevaluasi kemajuan dan peningkatan kemampuan siswa/i peserta latihan pencak silat, maka Pimpinan Daerah 244 Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah Nabire, belum lama ini telah menggelar Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Khusus Siswa se-Kabupaten Nabire bertempat di Kompleks SMA Negeri 2, Distrik Wanggar, kabupaten Nabire, Papua.

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Khusus Siswa kali ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 3 hingga 4 Februari 2019, dan diikuti oleh 82 Peserta yang mewakili 5 dari 9 cabang/unit latihan yang ada di kabupaten Nabire.

UKT ini juga diikuti oleh siswa termuda yang berusia 8 tahun dan tertua 18 tahun. Dengan didampingi oleh Dewan Penguji yang terdiri dari 8 orang Kader dan Pelatih Tapak Suci Kabupaten Nabire.

Imam Moch, Dahlan, S.Pd, MM, PMdy, selaku Penanggung Jawab Kegiatan sekaligus Sebagai Ketua Pimda 244 Tapak Suci Kabupaten Nabire, mengungkapkan, secara kontinyu dan berkesinambungan PIMDA 244 Perguruan Seni Beladiri Indonesia TAPAK SUCI PUTERA Muhammadiyah Kabupaten Nabire menyelenggarakan kegiatan UKT setahun sekali.

Tujuan dan manfaat diadakannya UKT, antara lain :

  1. Sebagai sarana evaluasi sejauh mana penguasaan materi keilmuan beladiri secara optimal, yang meliputi fisik, mental siswa Tapak Suci Kabupaten Nabire ;

  2. Sebagai sarana pencarian bibit-bibit baru Pesilat Kabupaten Nabire yang akan diikutsertakan dalam even-even kejuaraan Pencak Silat, baik untuk level lokal, regional maupun nasional.

  3. Meningkatkan minat anak untuk berani dan percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya selama berlatih pencak silat.

  4. Peningkatan Kualitas Sumber Daya, Kader, Pelatih dan Peserta Ujian Kenaikan Tingkat.

  5. Sebagai ajang silaturahmi antar anggota Tapak Suci.

  6. Pemutakhiran Data Siswa, Kader dan Pelatih Tapak Suci Kabupaten Nabire

Materi Ujian Kenaikan Tingkat, antara lain :

  1. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

  2. Ilmu Pencak Silat Tapak Suci

  3. Pengetahuan Organisasi Ke-Tapak Suci-an

  4. Pembinaan Fisik dan Mental

  5. Kesehatan Olahraga

Ditambahkan pula bahwa dalam bulan April-Mei 2019 ini, ada Pesilat Tapak Suci Kabupaten Nabire yang akan turun berlaga di Turnamen  Nasional Silat yang akan dihadiri oleh beberapa pesilat dari luar negeri.

Turnamen tersebut antara lain :

  1. 20-21 April 2019 : Jakarta Championship

  2. 27-28 April : Turnamen Silat Uhamka

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
© 2019 Nabire.Net
Powered by Nabire.Net