Tidak Transparan Kelola Dana BOS, Ketua Komite Sekolah Akan Laporkan Kepsek SMP Negeri 7 Kimi Nabire

Nabire – Pengunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tak jarang menimbulkan polemik bagi pihak sekolah. Salah satunya yakni tidak dilibatkannya Komite Sekolah dalam pencairan dan penggunaan dana sekolah.

Hal inilah yang dipertanyakan oleh Ketua Komite Sekolah SMP Negeri 7, Kampung Kimi, Distrik Teluk Kimi, kabupaten Nabire, John Marey.

John Marey menjelaskan, selama ini, Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Kimi, Nabire, tidak pernah transparan kepada dirinya selaku Ketua Komite dalam proses pencarian dan penggunaan dana sekolah.

Salah satu hal yang diungkapkan John Marey yaitu proses pencarian dana BOS justru tidak pernah diketahuinya, padahal pencairannya harus diketahui Ketua Komite Sekolah dan harus ada tanda tangan dirinya selaku Ketua Komite.

Oleh karena itu John menduga bahwa pencairan dana BOS di SMP Negeri 7 Kimi telah menyalahi aturan karena menggunakan tanda tangan palsu miliknya, karena ia tak pernah merasa dilibatkan.

Diakui John, sejak tahun 2016 hingga saat ini, pencairan dana BOS tidak pernah diketahui olehnya.

“Dalam mengelola dana BOS, pihak sekolah harus melibatkan Komite Sekolah. Tidak dibenarkan Kepala Sekolah mengelola sendiri dana BOS. Gunakanlah aturan yang ada dan seringlah berkoordinasi dengan Manajer BOS di Dinas Pendidikan Nabire”, kata John.

Disamping itu, penggunaan dana BOS juga harus transparan. Pihak sekolah harus memasang laporan penggunaan dana BOS di papan pengumuman sekolah sehingga semua pihak bisa mengetahui penggunaan dana BOS.

John sendiri menjelaskan dirinya sudah melaporkan hal ini kepada Kepala Dinas Pendidikan Nabire, namun belum ada kejelasan terkait hal ini.

Kecewa dengan kebijakan pengelolaan dana BOS SMP Negeri 7 Kimi Nabire, John selaku Ketua Komite sepakat bersama orangtua murid untuk melakukan pemalangan sekolah hingga ada kejelasan terkait penggunaan dana BOS.

Saat Nabire.Net mencoba menanyakan hal ini melalui pesan singkat kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Kimi Nabire, Ibu Saloce Yumame, hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari yang bersangkutan.

[Nabire.Net/Maikel.M]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *