Sidang Putusan Sengketa PSU Deiyai Digelar 12 Desember 2018

Deiyai – Sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati kabupaten Deiyai 2018, dengan pemohon Inarius Douw dan Anakletus Doo (DODO) untuk mendengarkan hasil putusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi akhirnya dijadwalkan pada tanggal 12 Desember 2018.

Penetapan jadwal sidang dengan agenda pengucapan putusan oleh MK tersebut, ditetapkan pada pukul 09.30 wib, dengan nomor perkara 72/PHP.BUP-XVI/2018.

Dengan demikian terjawab sudah kapan pengucapan putusan PHP Bupati Deiyai dengan pemohon Inarius Douw dan Anakletus Doo akan dilaksanakan. Pasalnya sejak persidangan terakhir tanggal 13 November 2018 lalu, warga kabupaten Deiyai masih bertanya-tanya kapan sidang lanjutan dengan agenda pengucapan putusan akan dilaksanakan.

Seperti diketahui, pada sidang tanggal 13 November 2018 lalu, Majelis Hakim MK yang saat itu dipimpin oleh Ketua, Anwar Usman, menegaskan bahwa hasil sidang tersebut akan dirapatkan terlebih dahulu oleh Majelis Hakim MK, dan kelanjutannya akan menunggu pemberitahuan dari kepaniteraan.

Dalam gugatannya ke MK, pasangan Inarius Douw dan Anakletus Doo menyampaikan empat poin utama yang mendasari gugatan pasangan ini.

Ke 4 poin tersebut adalah sebagai berikut :

1. Termohon (KPU Deiyai) tidak independen dengan berpihak kepada Pasangan Calon Nomor Urut 1 (Ateng Edowai-Hengki Pigay).

2. KPU Kabupaten Deiyai melakukan pemberhentian antarwaktu terhadap penyelenggaraan pemilihan di tingkat kampung.

3. Termohon memanipulasi hasil kesepakatan masyarakat Kampung Komauto, Distrik Kapiraya yang memberikan suara sebanyak 1.208 suara kepada pemohon.

4. Dengan menggunakan kekerasan dan intimidasi Termohon beserta Pasangan Calon Nomor Urut 1 (Ateng Edowai-Hengki Pigay) memanipulasi hasil kesepakatan masyarakat Kampung Deiyai I, Distrik Tigi Barat yang memberikan suara kepada Pemohon sebanyak 2000 suara.

[Nabire.Net]



Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.