Mulai 2021, RSUD Nabire Implementasikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

(RSUD Nabire)

Nabire – Mulai tahun 2021, Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Nabire akan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). SIMRS sudah diatur dalam regulasi SIMRS yang tertuang pada Permenkes RI Nomor 82 tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Nabire, dr.Andreas Pekey, Sp.PD, kepada Nabire.Net, rabu siang (09/09). Ia menjelaskan, nantinya seluruh unit yang ada di RSUD Nabire akan diintegrasikan sistemnya melalui SIMRS ini.

“Di rumah sakit ada banyak unit seperti UGD, Poli, Apotek, Lab, Radiologi, ICU, ruang operasi dan sebagainya, kesemuanya akan diintegrasikan melalui SIMRS tersebut,” tutur dr.Andreas.

Dikatakan, setiap laporan dan pelayanan yang dilakukan di masing-masing unit akan tercatat, seperti misalnya jumlah pasien di UGD setiap harinya, ada berapa tempat tidur yang kosong, laporan keuangan, obat-obatan, dan lain sebagainya, dan hal itu bisa dipantau oleh Direktur RSUD Nabire.

“Pengiriman obat dari Poli ke Apotek tidak perlu membawa resep, tapi cukup diinput di komputer, begitu diinput maka akan langsung terdaftar di Apotek, hal itu karena SIMRS,” ujarnya.

Lebih lanjut, dokter Andreas Pekey menuturkan, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) mencakup sistem komputerisasi baik hardware maupun software rumah sakit meliputi, sistem jaringan komputer/internet rumah sakit, website, billing sistem untuk pelayanan pasien dan lain sebagainya.

“Untuk pengelolaannya ada dari Kemenkes dan juga dari pihak ketiga, sedangkan pengadaan perangkat diadakan melalui proyek,” kata Direktur RSUD Nabire, dr.Andreas Pekey.

Diharapkan di tahun 2021, RSUD Nabire sudah bisa mengimplementasikan SIMRS. Saat ini pihak RSUD Nabire masih harus menyediakan software dan hardwarenya, kemudian dilanjutkan dengan penginputan semua data RSUD.

Dengan SIMRS dimana data terintegrasi, akan memudahkan proses administrasi serta pengelolaan data lainnya di rumah sakit menjadi lebih mudah dan efisien.

SIMRS pada akhirnya akan mampu meningkatkan pelayanan rumah sakit menjadi lebih cepat. Manfaat ini tidak hanya berdampak positif bagi berbagai pihak di rumah sakit, namun juga bagi pasien dan masyarakat secara umum.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *