Launching Database Penduduk OAP Kabupaten Nabire

(Dokpri C.R)

Nabire – Bertempat di Aula Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Nabire, senin (28/01), telah dilaksanakan Launching Buku Database Penduduk Orang Asli Papua (OAP) Suku Nabire, untuk Tahun 2018.

Kegiatan yang dinisiasi oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil kabupaten Nabire dihadiri oleh Bupati Nabire, Kepala Dinas Kependudukan & Catatan Sipil kabupaten Nabire, perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) kabupaten Nabire, serta jajaran PNS dan para tamu undangan.

Launching Buku Database Penduduk OAP ini merupakan tindak lanjut Instruksi Gubernur Papua Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pendataan bagi OAP di Provinsi Papua.

Database Penduduk OAP ini sangat penting dalam perencanaan maupun pelaksanaan program maupun kebijakan di daerah.

Sementara itu, Bupati Isaias Douw meminta kepada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil kabupaten Nabire agar melengkapi database OAP ini baik suku yang ada di pinggiran, pesisir maupun kepulauan, sehingga diperoleh data murni OAP.

Seperti diketahui, regulasi Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) Tahun 2001 sebagai upaya memproteksi orang asli Papua (OAP) dalam implementasinya mengupayakan agar semua OAP terdata sebagai penerima manfaat pembangunan di berbagai bidang, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Pendataan OAP dilakukan menggunakan data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) maupun aplikasi online. Di kabupaten Nabire sendiri pendataan masih dilakukan secara manual menggunakan data SIAK di Dinas Dukcapil Nabire.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *