Ka.BPKAD Nabire Benarkan Ada Stafnya Dipanggil Kejati Papua Terkait Dugaan Tipikor APBD Nabire 2018

(Kepala BPKAD Nabire, Slamet SE M.Si)

Nabire – Sejumlah staf di BPKAD Nabire telah dipanggil oleh Kejaksaan Tinggi Papua untuk dimintai keterangannya terkait dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan Anggaran Belanja Daerah yang bersumber dari APBD Nabire tahun 2018.



Hal itu dibenarkan Kepala BPKAD Nabire, Slamet, SE, M.Si, saat diminta keterangannya oleh Nabire.Net, sabtu (18/04).

“Iya benar, itu sudah lama dan sudah diklarifikasi dengan pihak Kejati Papua melalui Tim Jaksa yang ada di surat tersebut”, kata Kepala BPKAD Nabire.

Saat ditanyakan Nabire.Net apakah kasus tersebut masih berjalan, Slamet menuturkan bahwa hal itu menunggu jawaban dari Tim Jaksa.

“Itu tinggal tunggu jawaban dari Tim Jaksa, yang pasti kita telah penuhi klarifikasi sesuai surat tersebut”, ujar Slamet.

Sebagai informasi, sebanyak 7 orang staf di BPKAD Nabire serta 1 Bendahara Non Dik Pemda Nabire mendapat surat panggilan dari Kejaksaan Tinggi Papua untuk dimintai keterangannya pada awal Februari 2020, terkait dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan Anggaran Belanja Daerah yang bersumber dari APBD Nabire tahun 2018.

Panggilan kepada 8 orang tersebut sesuai dengan surat perintah dari Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Nomor 04/R.1/Fd/01/2020, tanggal 30 Januari 2020.

Dalam surat tersebut, tertulis bahwa panggilan kepada 8 orang dimaksud berkaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan anggaran belanja daerah dari APBD Nabire tahun 2018 berupa belanja langsung dan belanja tak langsung dengan total besaran 179 miliar lebih.

Rincian dugaan tindak pidana korupsi tersebut masing-masing untuk belanja tidak langsung sebesar 104 miliar lebih diperuntukkan untuk bantuan sosial, dan belanja langsung sebesar 75 miliar lebih untuk belanja pegawai.

Nabire.Net sendiri telah mencoba berkali-kali meminta keterangan dari Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo. Namun hingga berita ini diturunkan, Kajati Papua tak pernah merespon pertanyaan Nabire.Net.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *