Ini Kondisi Terakhir Banjir Di Yaro, Wanggar Dan Yaur Nabire

(Kondisi selasa siang di kampung Yaro 2, Distrik Yaro/Dok.Pur)

Nabire – Hujan yang mengguyur kota Nabire sejak senin (18/02) hingga selasa dini hari (19/02) mengakibatkan sejumlah wilayah di Nabire terendam banjir.

Dua Distrik yang terdampak banjir akibat hujan yaitu Distrik Yaro dan sebagian Distrik Wanggar. Di Distrik Yaro hampir semua kampung terdampak banjir. Sementara di Distrik Wanggar, banjir terjadi di Kampung Karadiri 1 dan Kampung Wiraska.

Sementara informasi yang diterima Nabire.Net, banjir juga terjadi di kampung Sima, Distrik Yaur Nabire.

(SD Inpres Karadiri 1/Dok.Heri)

Selain banjir juga terjadi longsoran di Jalan Poros Karadiri 1 yang menghubungkan kota Nabire dengan wilayah Distrik Wanggar.

(SD Inpres Karadiri 1/Dok.Heri)

Berdasarkan informasi warga selasa pagi (19/02), kendaraan sudah bisa melewati jalur alternatif Karadiri 1, namun hanya kendaraan roda empat. Jika kendaraan roda dua ingin melintas, sebaiknya bukan kendaraan rendah dan gampang tergenang air. Karena ada sejumlah motor yang tetap nekat menyeberang dan mogok.

(Longsor jalan Poros Karadiri 1)

Sedangkan jalan poros Karadiri 1 yang tertimbun longsor senin malam,  hingga selasa pagi pukul 08.00 Wit masih belum bisa dilewati.

(Jalan alternatif Karadiri 1/Dok.Widodo)

Info terkini jalur alternatif Karadiri 1 pagi ini sementara baru bisa dilewati kendaraan roda 4. Untuk roda 2 hanya yang lebih tinggi knalpot dan busi tertutup rapat yang berani melintas. Motor matik tidak berani lewat. Ada beberapa motor nekat menyeberang mogok.

Berikut kondisi terkini wilayah yang terdampak banjir dan longsor :

A. Banjir

  • Kampung Jaya Mukti (Yaro 2), Distrik Yaro

  • Kampung Yaro Makmur (Yaro 1), Distrik Yaro

  • Kampung Wiraska Jalur 3 Barat dan Jalur 7, Distrik Wanggar

  • Kampung Karadiri 1

  • Kampung Bomopai, Distrik Yaro

  • Kampung Sima, Distrik Yaur

  • Kampung Wiraska Jalur 1, Jalur 2, Jalur 8

B. Longsor

  • Jalan Poros Wanggar (Jalan Poros Karadiri 1)

Terkait longsor yang menutupi jalan Poros Karadiri 1, warga bisa melintasi jalur alternatif jika ingin menuju ke Nabire atau sebaliknya.

  • Rute alternatif dari kota Nabire ke arah Wanggar : Melewati Karadiri bagian barat yaitu jika dari arah kota, bisa melewati Sumber Sticker, lurus lewat dalam sampai mentok di Pos Kamling, lalu belik kiri menuju jalan besar.

  • Rute alternatif dari arah Wanggar ke Nabire : Sebelum tanjakan Karadiri 2, belok ke kiri lewat Karadiri 1, dapat Pos Kamling, belok kanan lurus hingga tembus di Sumber Sticker dan melanjutkan perjalanan menuju kota.

Sementara hingga selasa siang, bantuan yang telah tiba di lokasi banjir berasal dari Polsek Nabire Barat. Hal itu disampaikan Pur, warga Jaya Mukti, Distrik Yaro Nabire.

(Kampung Bomopai/Dok.Bob.Makay)

Sementara Tim dari BPBD sedang melakukan peninjauan langsung di lokasi banjir yang terjadi.

Seperti diketahui sejumlah kampung di Distrik Yaro sering menjadi langganan banjir jika hujan deras terjadi cukup lama.

Hal ini disebabkan wilayah tersebut dekat dengan Kali Yaro, sehingga jika Kali tersebut meluap maka dapat dipastikan banjir akan menggenangi kampung Yaro Makmur.

Warga sendiri sudah sering meminta kepada pemerintah agar bisa mengatasi persoalan banjir di Distrik Yaro, Penyebabnya sudah pasti Kali Yaro, sehingga pemerintah seharusnya melakukan normalisasi Kali Yaro agar kejadian ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

[Nabire.Net]



Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
© 2019 Nabire.Net
Powered by Nabire.Net