Ibadah Perayaan Natal Keluarga Besar SMK Negeri 1 Nabire

Nabire – Keluarga Besar SMK Negeri 1 Nabire menggelar Ibadah Natal Bersama dipusatkan di aula SMK Negeri 1 Nabire, sabtu pagi (12/01).

Ibadah Natal SMK Negeri 1 Nabire itu dipimpin oleh Pastor Yohanes Agus SJ dengan mengangkat pembacaan firman dalam Injil Yohanes 1:1-9 dengan perikop Firman yang telah menjadi manusia.

Dalam refleksi natalnya, Pastor Yohanes Agus mengungkapkan Tuhan Allah hadir dalam bentuk manusia sesuai yang dinubuatkan sejak awal oleh Nabi Yesaya.

“Dengan dikatakan sebagai “pada mulanya adalah firman dan firman itu bersama-sama dengan Allah”. Pada natal ini Yesus itu menjadi hikmat sesuai tema kita yang terambil dari 1 kointus 1 ayat 10 yang mengatakan bahwa Yesus itu membawa keselamatan, rahmat bagi seluruh umat manusia,” ujarnya dalam khotbah.

“Karena Yesus kristus menjadi hikmat maka saya harapkan setiap orang itu diberi motivasi dan inspirasi supaya sehingga manusia tidak hanya berhenti pada prestasi yang biasa-biasa saja tetapi dapat menjadi lebih dari itu, untuk memuliakan Tuhan atau dikembalikan kepada Tuhan kita. Kepada siswa siswi juga dapat belajar dengan rajin berprestasi, dan bapak ibu guru juga iklas dan sabar mengajar sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan dan negara kita ini”, lanjut Pastor.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Nabire, Drs. Yustus Paisei MM dalam sambutannya mengungkapkan momen natal keluarga besar SMK Negeri 1 Nabire ini dijadikan sebagai sarana evaluasi kinerja staf dan dewan guru SMK Negeri 1 Nabire dalam satu tahun berjalannya kurikulum pendidikan 2018.

“Kita evaluasi kalau memang ada kekurangan yang terjadi atau belum dilaksanakan kiranya di tahun 2019 kita bisa lakukan itu dengan baik. Tuhan telah memberikan nafas hidup untuk kita sehingga kita telah masuk di tahun ini pasti memiliki tujuan untuk kita semua. mari jadikan Yesus sebagai juru mudi kita untuk menuntun kita baik secara pribadi, keluarga dan di lingkungan kita berada,” ujar Yustus Paisei.

Sementara kepada siswa siswi, melalui tema natal kali ini, Kepsek Yustus Paisei mengajak untuk menghormati guru dan sesama sesuai dengan karakter Yesus Kristus yang adalah sumber hikmat umat manusia.

“Salah satu contoh jika siswa ketemu dengan gurunya dan menyampaikan salam. Itu sudah merupakan memiliki hikmat, dan sampai jika tidak memiliki hikmat anak murid tidak bisa menghormati sesama baik itu orang tua dan siapa saja yang berada di lingkungan walaupun hal terkecil memberikan salam saja tidak bisa maka anak itu tidak berhikmat,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada panitia natal SMK Negeri 1 Nabire yang telah menyelenggarakan natal dengan baik dan mengucapkan selamat natal dan tahun baru.

Di tempat yang sama, Ketua Komite Sekolah yang juga Kepala Distrik Nabire, Petrus Rumere dalam pesan dan kesan natal menyampaikan “Menghadapi krisis multi dimensi yang kian terasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara setiap orang dihadapkan dengan berbagai hal. Baik itu krisis kemanusian, sosial, dan politik untuk kita menyikapi dengan bijak dan berharap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkap Rumere.

Sedangkan Ketua panitia Drs. Bernadus Beda Buang, M.Pd menyampaikan maksud natal ini bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Natal merupakan pesta iman bagi umat Kristen dan katolik di seluruh dunia. Biasanya pesta Natal dirayakan oleh berbagai denominasi gereja-gereja di seluruh dunia, termasuk kelompok-kelompok kategorial seperti natal sekolah dan sebagainya. Natal sekolah merupakan salah satu program kerja OSIS yaitu meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Bernadus Buang.

Natal SMK Negeri 1 Nabire diikuti para siswa siswi SMK Negeri 1 Nabire, para guru dan sataf tata usaha dan dihadiri Kepala SMK Negeri 1 Nabire DRS. Yustus Paisei, MM, para Wakil Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah Dra. Ir Ruth Widianti dan I Nyoman Dana, Ketua Komite Petrus Rumere, S.Sos serta tamu undangan lainnya, mengusung tema Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita terambil dalam Injil 1 Korintus 1:30 dan sub tema dengan semangat natal, kita tingkatkan kualitas kerja menuju terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas dan bermoral di SMK Negeri 1 Nabire acara di akhiri dengan ramah tamah bersama.

[Nabire.Net/Arnold.S]



Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.