Hore ! Pembangunan Jaringan Fiber Optic Palapa Ring Timur Mulai Dikerjakan Di Nabire & Ditargetkan Selesai 2019

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI telah memulai pembangunan proyek Palapa Ring Paket Timur awal tahun 2017 lalu dan direncanakan rampung pada tahun 2019 dengan menyasar empat provinsi di wilayah timur, yakni Papua, Papua Barat, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

Jaringan ini akan dibangun di 35 kabupaten baru yang akan disambungkan dengan 11 ibu kota kabupaten yang telah memiliki jaringan internet.

Di kabupaten Nabire sendiri, proyek Palapa Ring Paket Timur sudah mulai dikerjakan. Dan proyek tersebut saat ini baru diawali dengan penggalian jalur kabel Fiber Optik, dan nanti akan dilanjutkan dengan pemasangan Pipa HDPE dan selanjutnya penanaman kabel Fiber Optik.

Dari hasil penelusuran Nabire.Net, penggalian sudah mulai dilakukan di wilayah Kalibobo Nabire, yang nantinya akan menjadi lokasi Optical Distribution Point (ODP) Fiber Optic, dan saat ini baru dilakukan penggalian jalur kabel serta penanaman Pipa HDPE.

Sedangkan kontraktor yang mengelola pembangunan proyek Palapa Ring Paket Timur di Nabire adalah PT Cendrawasih Artha Teknologi.

PT Cendrawasih Artha Teknologi sendiri menargetkan pembangunan jaringan FO di Nabire selesai pada bulan Mei 2018 mendatang, dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan internet di kabupaten Nabire serta beberapa kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

jJaringan Palapa Ring ini nantinya akan menjadi tumpuan semua penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia. Jaringan ini juga akan terintegrasi dengan jaringan yang telah ada milik penyelenggara telekomunikasi.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *